Jasa Web Alhadiy
Amalan Cerdas

Zikir dan Doa Rasulullah SAW Setelah Shalat Jumat

Zikir dan doa Rasulullah Saw setelah shalat Jumat seperti disebutkan Ibnu Hajar dan Al-Khotib. Kata guru kami Al-Hafni, “Doa tersebut dalam hadits shohih dari Rasulullah SAW.”

Zikir dan doa Rasulullah Saw setelah shalat Jumat yang merupakan amalan khusus Rasulullah SAW. Kita sebagai umat Islam sebaiknya meniru Sunnah Nabi ini, janganlah begitu selesai salam imam Shalat, lalu kita nyelonong pergi. Tanpa membaca Zikir dan Doa Rasulullah Saw setelah shalat Jumat.

Buat yang memiliki waktu ekstra pada hari Jumat, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk berzikir dan berdoa khusus hari Jumat. Karena ada zikir dan doa Rasulullah Saw setelah shalat Jumat. Jangan sampai waktu berlalu tanpa diisi dengan ibadah-ibadah istimewa yang penuh keutamaan, khususunya di hari Jumat.

Untuk melakukan zikir dan doa mencontoh zikir dan doa Rasulullah SAW setelah shalat Jumat, Anda bisa membaca surat Kahfi. Atau surat Waqi‘ah, aneka wiridan, atau amalan lain yang dianjurkan dibaca di hari Jumat. Namun tentu saja, bagi yang punya kepentingan mendesak dan keperluan lain yang segera dilaksanakan, boleh langsung bubar selepas salam menuju sandal atau sepatunya.

Namun begitu, mereka yang memilih bertahan baiknya memperhatikan keterangan Syekh Abdullah bin Hijazi As-Syarqawi dalam kitabnya Hasyiyatus Syarqawi ala Tanqihil Lubab. Ada penjelasan di kitab ini terkait maslah zikir dan doa Rasulullah Sawc setelah shalat Jumat

Maksudnya sebelum membaca wiridan rutin, ada baiknya kita mengawali wiridan itu dengan amalan khusus Rasulullah SAW di hari Jumat. Hal ini untuk mencontoh melakukan zikir dan doa Rasulullah Saw setelah shalat Jumat.

Zikir dan Doa Rasulullah Saw Setelah Shalat Jumat

Berikut ini zikir dan doa Rasulullah Saw setelah shalat Jumat:

Usai salam shalat Jumat tetapi sebelum mengubah posisi kaki dan sebelum bicara, kita disunahkan membaca surat Al-Fatihah, Qul Hu, Falaq, dan Nas masing-masing 7 kali. Lalu ia mengucapkan doa: “Allahumma ya Ghaniyyu ya Hamid, ya Mubdi’u ya Mu‘id, ya Rahimu ya Wadud. Aghnini bi halalika ‘an haromik, wa bifadhlika ‘amman siwak,” sebanyak 4 kali.

(Arti doa di atas: Hai Tuhanku Yang Maha Kaya Lagi Maha Terpuji, Yang Maha Memulai Lagi Kuasa Mengembalikan, Yang Maha Penyayang Lagi Maha Kasih, Cukupkan aku oleh pemberian-Mu yang halal, bukan yang haram. Dan puaskan aku oleh kemurahan-Mu, bukan selain-Mu).

Siapa saja melazimkan amalan zikir dan doa Rasulullah Saw setelah shalat Jumat ini, niscaya Allah cukupkan dan berikan rezeki kepadanya dari mana yang ia tidak perhitungkan sebelumnya; Allah ampuni dosanya baik yang lewat maupun yang datang; serta Allah pelihara sikap beragamanya, kehidupan dunianya, keluarganya, dan anaknya.

Demikian zikir dan doa Rasulullah Saw setelah shalat Jumat seperti disebutkan Ibnu Hajar dan Al-Khotib. Kata guru kami Al-Hafni, “Doa tersebut dalam hadits shohih dari Rasulullah SAW.”

Keterangan zikir dan doa Rasulullah Saw setelah shalat Jumat ini juga disampaikan Imam Nawawi dalam karyanya yang memuat doa dan zikir-zikir, Al-Adzkar. Jadi sebaiknya kita jangan mengabaikan contoh dari Rasulullah Saw untuk melakukan zikir dan doa Rasulullah Saw setelah shalat Jumat.

Jasa Web Alhadiy
Tags

Related Articles

One Comment

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: