BERITA DUNIA ISLAM

Warga Turki Jadi Para Sopir Truk Tangki Minyak Curian ISIS

Akhirnya terbongkar, ternyata para sopir truk tangki minyak curian ISIS adalah warga berkebangsaan Turki. Dengan demikian Turki tak mungkin mengelak lagi atas keterlibatan pencurian minyak ISIS di Suriah.

 minyak curian ISIS

Islam-Institute, WASHINGTON – Amerika Serikat sebagai sekutu dekat Turki akhirnya keceplosan yang berakibat terungkapnya keterlibatan Turki dalam bisnis gelap minyak curian ISIS. Melalui juru bicara Pentagon yang keceplosan itu menyatakan sopir-sopir truk minyak selundupan ISIS yang dicuri dari suriah ternyata warga berkebangsaan Turki.

Jeff Davis, Juru Bicara Pentagon itu, di halaman Facebook-nya dalam analisa ketegangan antara Turki dan Rusia, mengatakan, “Setiap kali kami ingin menyerang truk-truk pembawa minyak selundupan ISIS, maka kami akan memberikan peringatan bahaya kepada sopir-sopir truk itu, karena kami tahu sopir-sopir truk itu berkewarganegaraan Turki”.

Jeff Davis menambahkan bahwa ketika Rusia mengungkap video dan photo-photo keterlibatan Erdogan dan anggota keluarganya dalam perdagangan minyak ISIS, mereka tidak menyebutkan bahwa para sopir truk-truk tersebut adalah berkewarganegaraan Turki.

Menurut Jeff Davis, tanpa memberikan peringatan bahaya kepada para sopir truk itu, Rusia melakukan pemboman kepada truk-truk pembawa minyak ISIS tersebut. Serangan Rusia itu, membuat Turki jengkel dan sembrono dalam menghadapi Rusia hingga terjadi insiden penembakan Su-24, sebuah pesawat tempur Rusia.

Serangan Rusia yang menarget truk-truk pembawa minyak ISIS, yang sedang menuju Turki, setidaknya menghancurkan lebih dari 500 truk tangki, tentu serangan ini pukulan telak terhadap ISIS dan Turki dan para pendukungnya.

Pengiriman minyak yang seharinya mencapai 60 ton minyak mentah, memberikan keuntungan kepada ISIS 1 juta dolar, dan Turki mendapatkan dua kali lipat dari keuntungan yang didapat ISIS.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia menganggap lelucon terkait klaim resmi Amerika yang menyatakan tidak melihat adanya penyelundupan minyak ke Turki. Hal ini secara jelas menunjukkan dukungan Amerika terhadap para teroris ISIS yang beroperasi di Suriah dan Irak.  (AL/ARN/AU/AM)

Jasa Web Alhadiy
Tags

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker