Wakil Rusia, Iran, Turki dan Para Pejabat PBB cepat Berjumpa Membahas Suriah

Wakil Rusia, Iran, Turki dan Para Pejabat PBB segera Bertemu Bahas Suriah

Wakil Rusia, Iran, Turki dan Para Pejabat PBB cepat Berjumpa Membahas Suriah

JENEWA – Perwakilan dari 3 negara penjamin gencatan senjata Suriah yaitu Rusia, Iran dan Turki, dan para pejabat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa diplaningkan untuk berjumpa di Jenewa pada bulan Oktober demi menuntaskan aspek terakhir dari pembentukan dan fungsi Komite Konstitusi Suriah. Utusan presiden Rusia untuk Suriah, Alexander Lavrentyev, mengumumkan hal ini pada hari Selasa (11/09).

Kantor berita Rusia TASS memberitahukan bahwa menurut Lavrentyev, problem Soal ketua komite dan “masalah-masalah lain Soal fungsinya” belum diselesaikan. “Belum ada keputusan final yang diambil. Kami mengambil keputusan untuk menuntaskan seluruh problem di tingkat teknis supaya bisa berjumpa sekali lagi di Jenewa dalam waktu 1 bulan untuk Sepakat ketentuan yang akan diterima oleh kesemua 4 pihak.”

Baca: Rusia Desak DK PBB Gelar Sidang Luar Biasa Terkait Hasil KTT Teheran

Ia menjelaskan bahwa perjumpaan hari ini oleh perwakilan negara-negara penjamin juga fokus pada situasi di pemerintahan Idlib. “Sudah dicatat bahwa situasi di sana terlalu sulit dan saban usaha diperlukan untuk menyelamatkan penduduk sipil dari kesengsaraan,” tegasnya. “Melawan organisasi teroris wajib terus berlanjut dan tidak ada yang datang di perjumpaan itu yang mempertanyakannya.”

Utusan Spesial Sekretaris Jend. PBB untuk Suriah Staffan de Mistura mengundang diplomat tingkat tinggi dari 3 negara penjamin gencatan senjata Suriah untuk berkonsultasi di Jenewa pada 10-11 September. Bersama-sama dengan Lavrentyev, Rusia diwakili oleh Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Vershinin. Wakil Menteri Luar Negeri Hossein Ansari dan Sedat Onal masing-masing mewakili Iran dan Turki. (ARN)


Source by Ahmad Zaini

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.