Utusan PBB Nyatakan Puas Hasil Perbincangan dengan Abdul-Malik Houthi

Utusan PBB Nyatakan Puas Hasil Perbincangan dengan Abdul-Malik Houthi

SANA’A – Utusan PBB demi Yaman, Martin Griffiths, menjelaskan bahwa dirinya sudah menggelar perbincangan “yang berbuah manis” dengan pemimpin gerakan Houthi Ansarullah Yaman, Abdul-Malik al-Houthi, di tengah usaha demi mengakhiri pertempuran di pelabuhan Laut Merah Hodeida.

“Saya amat diyakinkan oleh pesan yang saya terima, yang positif dan konstruktif,” kata Griffiths ketika konferensi pers di Bandara Internasional Sana’a pada hari Rabu (04/07) sesudah dua hari perbincangan di ibukota Yaman.

“Saya khususnya berterima kasih terhadap Abdul-Malik al-Houthi, yang saya temui kemarin, atas dukungannya dan dialog yang berguna yang kami selenggarakan,” tambah Griffiths.

Pejabat itu juga mengumumkan bahwa ia bakal memberi penjelasan singkat terhadap Dewan Keamanan PBB pada hari Kamis mengenai perbincangan terakhirnya di Yaman, di mana perang brutal oleh Arab Saudi dan sekutunya mengancam demi menelan Hodeidah, titik masuk utama bagi sokongan kemanusiaan yang amat dibutuhkan.

Dalam banyak hari yang akan datang, utusan PBB itu bakal berjumpa eks Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi. “Seluruhnya pihak tak cuma menggarisbawahi keinginan kuat mereka demi perdamaian tetapi juga terlibat dengan saya pada ide-ide konkret demi mencapai perdamaian.”

Pada 29 Juni, Griffiths mengumumkan harapan bahwa putaran baru perundingan perdamaian antara pihak-pihak utama yang berseteru di negara itu dapat diawali bulan depan di tengah meningkatnya pertempuran di Hodeida. (ARN)



Source by Muhammad Najib

You might like

About the Author: Muhammad Najib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.