Untuk Rebut Mosul dari ISIS, Irak Tidak Butuh Turki

Website Islam Institute
Loading...

Jubir Angkatan bersenjata Irak menjelaskan tidak butuh Turki untuk rebut Mosul dari ISIS. Cuma orang Irak saja yang boleh berkoalisi dengan Tentara darat untuk mengalahkan ISIS, dan merebut kembali Mosul.

Islam-Institte, BAGHDAD – Jubir Tentara gabungan Irak, Bigradir Jend. Yahya Rasool, menekankan bahwa Irak tidak memerlukan sokongan dari Tentara Turki untuk dapat membebaskan Mosul dari cengkraman ISIS. Pengalaman Tentara rakyat Irak bertempur merebut Ramadi dari ISIS ialah bukti, Irak tidak butuh negara manapun, termasuk Turki.

Hal ini disampaikan Yahya Rasool menyusul pengiriman Tentara beberapa waktu lalu oleh Turki ke wilayah Mosul tanpa sepengetahuan pemerintah Irak. Pengiriman Tentara tersebut langsung memancing kemarahan pemerintah Irak, yang menyebut tindakan itu selaku pelanggaran keras kepada kedaualatan negara.

loading...

Dalam Peluang tersebut Rasool juga menekankan kembali bahwa hal ini bukan cuma berlaku untuk Turki, tapi untuk seluruh negara lain. Menurut dia, cuma orang Irak saja yang boleh berkoalisi dengan Tentara darat untuk mengalahkan ISIS, dan merebut kembali Mosul.

“Pemerintah sudah Mempublikasikan bahwa mereka tidak ingin partisipasi dari Tentara lain, baik dari Turki atau dari negara lainnya dalam usaha membebaskan Mosul,” ujar Jubir angkatan bersenjata tersebut sebagaimana dikutip Sputnik pada Minggu (27/12).

“Hal ini tidak akan jadi problem, mengingat banyaknya orang yang tergabung dalam Tentara gabungan Irak, yang terdiri dari Tentara pemerintah Irak, Tentara suku dan Tentara rakyat pro-pemerintah Irak,” tambahnya. ISIS sudah menduduki Mosul dan Ramadi dengan ambisi besarnya merebut Baghdad, dan nyaris mencapai Baghdad tetapi bisa perlawanan sengit dari Tentara dan rakyat Irak.  (AL/ARN)

Loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :