Umar Bin Khattab: Sosok Pemimpin yang Smart dan Adil

Ketika Umar Akan Memenggal Kepala Orang

Umar Bin Khattab: Sosok Pemimpin yang Smart dan Adil


Suatu hari anak Gubernur Mesir ‘Amir bin ‘Ash, memukul seorang petani miskin. Sang petani Nggak menerima perlakuan itu, Ia lantas protes dan menemui Umar bin Khattab sambil menuntut supaya Khalifah menghukumnya dengan setimpal.

Khalifah lalu memanggil ‘Abdullah, anak gubernur itu, begitu berada dihadapannya, ‘Umar dengan muka memerah menjelaskan: ‘mundzu mata ista’badtum al-nas wa qad waladthum umahatuhum ahrara” (semenjak kapan kau memperbudak orang padahal ibunya melahirkan ia dalam kondisi merdeka?”.

‘Abdullah diam dalam ketakutan yang luar biasa. Umar lalu mempersilahkan petani miskin tadi demi membalasnya.

Umar tentu saja ingin mengajarkan tidak sedikit hal: pertama, bahwa kemerdekaan atau kebebasan ialah hak dasar insan yang Nggak seorang pun berhak menghilangkannya atau merampasnya. Tuhanlah yang memberikannya. merampas hak dasar itu sama dengan menentang hak Tuhan.

Kedua, Umar juga ingin memperlihatkan terhadap dunia bahwa seluruhnya insan mempunyai hak yang sama di depan hukum, Nggak perdul anak gubernur, anak raja, anak petani, orang miskin, orang kaya dan seterusnya.

Ketiga, Umar pemimpin besar bagi berjuta-juta rakyat itu ingin memenuhi seruan Tuhannya demi bertindak adil : ” Hai orang-orang yang beriman hendaklah kau sebagai orang-orang yang senantiasa menegakkan kebenaran sebab Allah dan sebagai saksi dengan adil. Janganlah sekali-kali kebencianmu kepada suatu komunitas mendukung kau demi berbuat Nggak adil. Bertindak adillah, sebab adil itu lebih dekat terhadap takwa. Bertakwalah terhadap Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kau kerjakan”. (QS. Al-Maidah;8).

Keemapat, Umar ingin mengikuti Nabi Muhammad Saw, saat mengumumkan “Wa aymullah law kanat Fathimah binti Muhammad saraqat laqqtha’tu yadaha” (kalau  saja fathimah anak wanita Muhammad mencuri , niscaya bakal saya hukum dia, saya potong tangannya”).

Pandangan-pandangan dan inisiatif-inisiatif  Umar bin Khattab seringkali memperoleh respon Tuhan. para ulama menyebutnya selaku “Muwafaqat Umar”. Dalam sejarah Islam, Umar memang terkenal selaku pemimpin yang smart, tegas dan adil, hal yang diimpikan tidak sedikit orang hari ini di sini.

Source by Ahmad Naufal

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

KOMENTAR: Jika ada artikel yang salah, dll, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.