UE Ambil Langkah Lindungi Perdagangan dengan Iran dari Sanksi AS

UE Ambil Langkah Lindungi Perdagangan dengan Iran dari Sanksi AS


BRUSSELS – Komisi Eropa menjelaskan sudah meluncurkan proses “statuta pemblokiran” guna menjaga Eropa dari sanksi AS kepada Iran selaku bagian dari usaha guna mempertahankan kesepakatan nuklir dengan Teheran.

Eksekutif Uni Eropa pada hari Jumat menjelaskan bahwa pihaknya sudah “meluncurkan proses formal guna mengaktifkan Statuta Pemblokiran dengan memperbarui daftar sanksi AS kepada Iran yang jatuh dalam ruang lingkupnya.”

Baca: Beberapa respon Dunia atas Mundurnya AS dari Kesepakatan Nuklir Iran

Uni Eropa sedang berusaha mencari cara guna tetap mempertahankan Iran dalam perjanjian tahun 2015 dengan menjaga manfaat ekonomi dari kesepakatan nuklir sesudah Presiden AS Donald Trump tiba-tiba menarik diri dari kesepakatan itu.

“Statuta pemblokiran” ialah peraturan tahun 1996 yang awalnya dibuat guna mengatasi embargo perdagangan Washington kepada Kuba.

Para pejabat Uni Eropa menjelaskan bahwa mereka membenahi undang-undang pemblokiran guna meliputi keputusan 8 Mei Trump yang ingin menghidupkan kembali sanksi terkait Iran.

Baca: Menlu Iran Mulai Tur Pastikan Kesiapan Internasional Pertahankan Kesepakatan Nuklir

Undang-undang mencegah perusahaan dan pengadilan UE guna mentaati undang-undang sanksi asing tertentu dan menjelaskan tak ada putusan pengadilan asing berdasarkan undang-undang ini yang mempunyai efek apa juga di UE.

Komisi Eropa menjelaskan pada hari Jumat bahwa langkah itu bakal mulai berlaku dalam waktu dua bulan, kecuali Parlemen Eropa dan pemerintah UE secara resmi menolaknya.Langkah ini pun bisa diaktifkan lebih cepat kalau ada supporting politik yang kuat.

Langkah ini diambil sesudah Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif berangkat menuju Brussels dan berjumpa dengan rekan-rekannya dari Inggris, Perancis dan Jerman guna membicarakan masa depan kesepakatan nuklir tanpa AS.

“Jaminan manfaat JCPOA wajib diberikan terhadap Iran. Kami wajib menyaksikan apakah mereka yang tersisa di JCPOA bisa memberikan manfaat tersebut menuju Iran, ”katanya di ibukota Belgia, Selasa lalu.

Kepala keputusan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini, bagaimanapun, menjelaskan ia tak dapat berbicara soal memberikan jaminan Iran guna manfaat ekonomi dari perjanjian 2015. (ARN)



UE Ambil Langkah Lindungi Perdagangan dengan Iran dari Sanksi AS



ARNLink

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

KOMENTAR: Jika ada artikel yang salah, dll, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.