Turki Ancam Balas AS, Kalau Hentikan Penjualan Jet Perang F-35

Turki Ancam Balas AS, Kalau Hentikan Penjualan Jet Perang F-35

ANKARA – sebelum ini Asisten Menteri Luar Negeri AS guna Urusan Eropa dan Eurasia Wess Mitchell mengingatkan bahwa pembelian rudal S-400 dari Rusia bisa mempengaruhi keputusan Washington guna memasok jet perang F-35 menuju Turki.

Turki bakal membalas AS kalau Washington memblokir pasokan jet F-35 menuju Ankara, kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu.

Cavusoglu menjelaskan bahwa proposal penghentian sementara penjualan senjata, termasuk jet F-35 menuju Turki ialah salah, tak logis dan tak cocok dengan aliansi antara sekutu NATO.

“Minggu depan aku bakal berangkat berkunjung menuju Amerika Serikat. Ini soal fakta bahwa pembatalan penjualan F-35 tak bisa diterima, dan kalau (pembatalan) itu terjadi, maka mereka (AS) bakal menerima tanggapan yang tepat dari Turki,” kata Cavusoglu.

Baru-baru ini, Senator AS Lankford menjelaskan bahwa “Keputusan strategis Turki sayangnya lebih tak sejalan dan kadang-kadang bertentangan keperluan AS.”

menurutnya, kerja sama geopolitik Ankara dengan Moskow dan keputusannya guna mengajukan perintah guna sistem pertahanan rudal S-400 Rusia yang canggih bisa menyulitkan rencana pembelian F-35.

Pada bulan Desember 2017, Rusia dan Turki menandatangani perjanjian pinjaman guna penyediaan sistem S-400 menuju Ankara. Menurut sebuah pengumuman terbuka oleh sekretariat industri pertahanan Turki, Ankara mengakuisisi dua baterai dari sistem ini, yang bakal dioperasikan oleh personil angkatan bersenjata Turki. [ARN]

(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = ‘https://connect.facebook.net/id_ID/sdk.js#xfbml=1&appId=249643311490&version=v2.3’; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

Turki Ancam Balas AS, Kalau Hentikan Penjualan Jet Perang F-35

Source

You might like

About the Author: Samsul Anwar

KOLOM KOMENTAR ANDA :