Turki Ajukan pengusiran Fethullah Gulen

Website Islam Institute

WASHINGTON DC  Turki Ajukan Ekstradisi Fethullah Gulen. Pemerintah Turki secara legal sudah menyerahkan dokumen yang meminta ekstradisi Fetullah Gulen. Menurut Jubir Gedung Putih, Josh Earnest, Ankara sudah menyerahkan dokumen tersebut ke pemerintah AS.

“Ada beberapa materi yang disampaikan oleh pemerintah Turki dalam bentuk elektronik ke pemerintah AS terkait dengan status Mr. Gulen, Departemen Kehakiman dan Departemen Luar Negeri akan meninjau materi-materi yang konsisten dengan persyaratan perjanjian ekstradisi antara AS dan Turki secara hukum selama lebih dari 30 tahun,“ ungkap Earnest ke awak media sebagaimana dilansir Sputnik, Selasa (19/07).

 

Turki ajukan ekstradisi Fethullah Gulen

 

Permintaan Turki ajukan ekstradisi Fethullah Gulen itu menyusul pembahasan antara Presiden AS Barack Obama dan Presiden Turki Recep Tayyip Erodgan pada hari Selasa, di mana Obama menawarkan dukungan untuk Erdogan dalam menyelidiki kudeta, tetapi mendesak pemimpin Turki untuk meringankan sikanyap kepada tokoh-tokoh oposisi.

Kenapa pemerintah Turki ajukan ekstradisi Fethullah Gulen? Pemerintah Erdogan menyalahkan Gulen, seorang figur publik politik dan agama yang Ada di Pennsylvania, sebab dinilai mendalangi usaha kudeta yang gagal Minggu lalu. Kerusuhan terjadi pasca “kudeta” di jalan-jalan Istanbul dan Ankara menyebabkan nyaris 300 orang meninggal dan lebih dari 1.400 cedera.

Dalam merespon usaha kudeta itu, pihak berwenang Turki sudah melaksanakan tindakan keras yang belum pernah terjadi sebelumnya pada indivu – individu yang dipercayai terlibat, termasuk gubernur, jaksa, petugas intelijen, hakim, dan personil angkatan bersenjata. Dan untuk memuluskan ambisi menghukum siapa yang dinilai musuh nomor 1, presiden Turki ajukan ekstradisi Fethullah Gulen. (al/AKP)

 

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.