TNI Seharusnya Juga Perintahkan Tonton Film Sang Kiai

Kyai Lirboyo Ingatkan TNI Jangan Hanya Perintahkan Nonton Film PKI, tapi Juga Film Sang Kiai. Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, KH Abdul Muid mengatakan pemutaran film Penumpasan PengkhianatanG30 S PKI telah terlaksana di berbagai daerah.

Namun, Kyai Muid berharap Tentara Nasional Indonesia juga mewajibkan nonton bareng film Sang Kiai.

“Putar Sang Kiai juga dong, kata Kyai Muid,” Selasa 26 September 2017.

Sang Kiai yang dirilis pada 2013 mengangkat kisah seorang pejuang kemerdekaan sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asyari. Film ini dibintangi oleh Ikranagara, Christine Hakim, Agus Kuncoro dan Adipati Dolken.

Pemutaran film perjuangan untuk bangkitkan nasionalisme dan patriotisme

Menurut dia pemutaran film-film bertema perjuangan penting untuk membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme. Karena ituSang Kiai, menurut Kyai Muid, layak untuk digaungkan kembali sebagai refleksi perjuangan pesantren di era kemerdekaan. Masyarakat, terutama warganahdliyin, perlu mengingat perjuangan pendahulu mereka untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Pesantren sekarang harus lebih maju,” ujar dia.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Kediri Kyai Abu Bakar Abdul Djalil tak mempersoalkan pemutaranSang Kiai. Dia menilaiSang Kiailayak untuk membangkitkan kembali semangat nasionalisme warga Kediri. Tidak masalah, bagus itu, katanya.

Dalam sejarah penumpasan PKI, Pesantren Lirboyo boleh dibilang berada di garda depan dengan dukungan TNI. Ketua Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia (Gasmi) yang juga pengasuh Pondok Lirboyo, Zainal Abidin, menuturkan salah satu pengasuh pondok, almarhum Kiai Mahrus Aly, ikut berperan dalam pengiriman 97 santri pilihan untuk turut melawan pasukan sekutu di Surabaya.

Peristiwa itu dikenal dengan perang 10 November dan menjadi hari pahlawan yang diperingati hingga sekarang. Kiai Mahrus Aly juga tercatat sebagai inisiator berdirinya Kodam V/ Brawijaya serta terlibat dalam penumpasan PKI di wilayah Kediri Raya.

[tempo.co/ed]

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.