Teroris ISIS Hancurkan Gereja Kristen Tertua di Mosul Irak

Citra satelit yang diumumkan oleh Associated Press memastikan teroris ISIS sudah hancurkan gereja Kristen tertua di Mosul Irak….

 

Islam-Institute, BAGHDAD – Lagi-lagi teroris ISIS melaksanakan penghancuran situs peradaban di wilayah yang dikuasainya. Pada hari Rabu, citra satelit yang diumumkan oleh Associated Press memperlihatkan tumpukan puing di tempat Gereja St. Elijah, terletak di selatan kota Mosul di Irak utara. Teroris ISIS menghancur-leburkan gereja Kristen tertua di Irak, mereka biasa melaksanakan pembongkaran situs sejarah dan situs agama di daerah-daerah yang di bawah kendali mereka.

Gereja Tua yang sudah bertahan selama lebih dari 1.400 tahun, dipercayai sudah rusak di beberapa titik pada tahun 2014, sesudah ISIS menguasai daerah tersebut pada bulan Juni tahun yang sama.

Sebagian sudah direnovasi dengan batu 27.000 kaki persegi, bangunan itu juga mempunyai 26 kamar yang tak sama walaupun atapnya sebagian besar hilang.

Tapi, gambar terbaru memperlihatkan dinding-dinding batu sudah hancur, kata analis citra Stephen Wood, dan menambahkan, “Buldoser, alat berat, palu, dan mungkin bahan peledak sudah dipakai untuk menghancur-leburkan dinding-dinding tersebut. Mereka menghancur-leburkan sepenuhnya”.

Loading...
loading...

Imam Katolik Irak, Pendeta Paul Thabit Habib juga mengumumkan terkejut pada gambar kehancuran gereja tertua tersebut, dan menjelaskan, “sejarah Kristen kami di Mosul sedang diratakan.”

Gereja St. Elijah sudah tergabung dalam daftar lebih dari 100 situs agama dan bersejarah yang dihancurkan oleh teroris ISIS. Ekstremis sudah menjarah museum dan menghancur-leburkan monumen kuno di kota-kota Irak Niniwe dan Hatra serta kota Palmyra di Suriah.

Pada Oktober tahun lalu, United Nations Educational , Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menyetujui usulan Italia untuk menyampaikan pasukan penjaga perdamaian PBB, untuk menjaga situs sejarah di seluruh dunia dari berbagai ancaman dan serbuan teroris.

Aksi anarkis menakutkan sudah melanda Irak dan Suriah semenjak teroris ISIS meluncurkan serangan-serangan bersenjata dan menguasai beberapa bagian dari kedua negara itu.

Para anggota milisi teroris sudah melaksanakan kejahatan keji kepada seluruh komunitas etnis dan agama di Irak maupun di Suriah, termasuk Syi’ah, Sunni, Kurdi, dan Kristen. Teroris ISIS ialah terdiri dari mereka-mereka yang mempunyai pemahaman Islam aliran Wahabi.  (ARN/AU/Ptv)

loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :