Home / Berita Turki / Tentara Turki Mengaku Tak Tahu Sedang Kudeta, Tahunya Latihan

Tentara Turki Mengaku Tak Tahu Sedang Kudeta, Tahunya Latihan

Turki Tekini – Tentara Turki mengaku tak tahu sedang kudeta, mereka tahunya sedang latihan. Dalam pengakuannya setelah ditangkap, mereka mengira sedang latihan militer, karena itu tentara Turki mengaku tak tahu sedang Kudeta. Dan upaya sekelompok militer untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah berhasil digagalkan pada hari yang sama.

Hampir 3.000 tentara Turki yang diduga terlibat kudeta militer di Turki telah ditangkap pasukan keamanan  Pemerintah Turki. Ribuan tentara Turki tersebut terancam hukuman mati oleh rezim Erdogan.

Yang cukup bikin heran dari peristiwa kudeta militer di Turki, sejumlah tentara Turki yang ditangkap atas tuduhan kudeta mengaku tidak tahu bahwa mereka berupaya mendongkel kekuasaan presiden Erdogan. Faktanya, tentara Turki mengaku tak tahu sedang kudeta, mereka tahunya sedang latihan militer.

Dilansir dari laman RT yang kemdian dilansir kembali Kompas.com, Minggu (17/7/2016), tentara Turki saat diinterogasi itu tentara Turki mengaku tak tahu sedang kudeta dan mengira sedang melakukan latihan militer. Mereka baru sadar apa yang terjadi saat dihadang masyarakat yang menolak kudeta militer di Turki. Seandainya mereka sadar sedang kudeta maka yang terjadi akan lebih parah karena pastinya akan ada lebih banyak korban.

“Saat orang mulai naik ke atas tank, kami baru mulai memahami semuanya,” ujar seorang tentara, dikutip dari media Turki, Hurriyet. Jawaban tentara Turki tersebut menunjukkan mereka tidak menyadari apa yang sebenarnya terjadi, para tentara Turki mengaku tak tahu sedang kudeta.

 

Kudeta Militer di Turki: tentara Turki mengaku tak tahu sedang kudeta

 

Sebelumnya, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim melaporkan bahwa sebanyak 2.893 tentara Turki dan perwira telah ditahan atas dugaan upaya kudeta.

Ada sebanyak 678 tentara dan 10 perwira yang dipimpin seorang kolonel juga ditahan saat berusaha menguasai Bandara Internasional Ataturk. Walaupun demikian, tentara Turki mengaku tak tahu sedang kudeta.

Paling sedikit tak kurang dari 265 orang tewas dalam upaya kudeta militer di Turki yang digagalkan dalam semalam itu, termasuk 104 pendukung kudeta. Adapun 1.440 orang terluka di ibu kota Ankara dan Istanbul. Atas peristiwa kudeta ini, tentara Turki mengaku tak tahu sedang kudeta, tahunya mereka sedang latihan militer.

Pemerintah Turki menuding Fethullah Gulen (75), ulama Turki yang menetap di AS, sebagai dalang upaya kudeta. Tetapi pihak Fethullah Gulen membantahnya.

Fethullah Gulen dahulu adalah sekutu dekat Presiden Recep Tayyip Erdogan. Keduanya berseberangan pandangan dalam beberapa tahun terakhir setelah presiden Erdogan mencurigai Gulen akan mendongkelnya dari kekuasaan.

Dalam peristiwa kudeta di Turki yang gagal ini, ironisnya tentara Turki itu mengira sedang latihan militer, tentara Turki mengaku tak tahu sedang kudeta. (al/kompas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Turki Akan Bantu Qatar Melawan Arab Saudi dengan Jet

Turki Siap Bantu Qatar Melawan Arab Saudi dengan Ratusan Jet Tempur Canggih. Paska Perang Dunia ...