Tax Amnesty, Dapat Sebabkan Defisit Negara ?

JAKARTATax Amnesty – Direktur Eksekutif Center of Reform in Economics (CORE) Hendri Saparini menjelaskan, dengan dimasukannya asumsi pendapatan sebesar Rp165 triliun dari program tax amnesty ke dalam‎ RAPBN 2016 mempunyai beberapa celah yang sanggup mengakibatkan defisit pemerintah makin melebar. Karena, biaya sebesar ini sejatinya baru Adalah asumsi yang sanggup saja tidak terpenuhi.

Menurut dia, kalau hal ini terjadi, maka pemerintah mesti berpikir keras bagaimana cara menggerakan perekonomian dengan biaya yang ada waktu tax amnesty belum optimal.

“Waktu itu tidak sanggup terpenuhi, maka anggaran untuk kementerian dan lembaga (K/L) yang telah dipangkas sanggup kembali down waktu biaya dari tax amnesty tidak masuk sesuai perkiraan,” kata dia di kantornya, Rabu (20/7/2016).

 

tax amnesty, kata pengamat sanggup sebabkan defisit negara makin melebar.

Hendri menilai, pemerintah mesti sungguh-sungguh mencari celah dan pemikiran yang out of the box dengan keadaan perekonomian yang tidak menentu waktu ini.”Pemerintah mesti memikirkan sesuatu yang out of the box, sebab dengan perekonomian yang tidak menentu, pemerintah mesti berpikir luas untuk menjaga perekonomian. Waktu tax amnesty ini dijalankan, ada kemungkinan defisit kita makin melebar,” ujarnya.

Loading...
loading...

Sebagaimana dimaklumi, niat pemerintah untuk menggenjot pendapatan dari komoditas yang diekspor untuk tahun sekarang akan sulit mencapai angka positif. Apalagi pertumbuhan ekonomi sejumlah negara yang jadi target ekspor Indonesia juga masih belum tumbuh secara baik.

Apalagi, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I/2016 belum cukup baik. meskipun pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/2016 mencapai 4,9% lebih baik dibandingkan 2015, akan tetapi angka ini kurang baik dengan target awal pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3%.

“Pemerintah juga sampai waktu ini belum sanggup menggenjot ekspor dalam negeri tahun sekarang. Sebab perekonomian global juga tidak begitu cakep,” kata dia

Pemerintah mesti mencari Kesempatan baru sebab Kesempatan yang biasa dilaksanakan terlalu terbatas.‎ Bagian cara adanya menggenjot infrastruktur dan memperbanyak belanja negara.

‎Akan tetapi, lamjut Hendri, untuk menaikkan pertumbuhan perekonomian melalui belanja infrastruktur dan belanja negara kembali akan terhambat biaya dari pendapatan negara yang tidak kunjung membaik.

“Kekurangan pasti akan berpengaruh pada daya-kerja K/L dalam mengakselerasikan tiap-tiap program yang telah dipersiapkan semenjak awal tahun. Apalagi pemerintah telah memastikan untuk memotong sejumlah angaran K/L sebab biaya dari pajak belum memperlihatkan perbaikan,” pungkasnya.

Loading...

Jadi, yakinkah kita bahwa Tax Amnesty, sanggup sebabkan defisit negara? (al/sn)

loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :