Taiwan Kehilangan Aliansi Burkina Faso

Taiwan Kehilangan Aliansi Burkina Faso


loading…

OUAGADOUGOU – Taiwan kehilangan aliansi diplomatik kedua dalam waktu tidak cukup sebulan, kemarin, sesudah Burkina Faso memutus hubungan dengan pulau itu.Pemutusan hubungan diplomatik itu terjadi ketika China terus menekan negara-negara Afrika supaya ndak mengakui Taiwan. Beijing selama ini menganggap Taiwan selaku bagian provinsinya yang bakal disatukan lagi, kalau perlu dengan power.

Sekarang satu-satunya aliansi diplomatik Taiwan di Afrika ialah kerajaan Swaziland. Taiwan cuma mempunyai hubungan diplomatik resmi dengan 18 negara yang sebagian besar merupakan bangsa-bangsa miskin di Amerika Tengah dan Pasifik semisal Belize dan Nauru.

Pengumuman terbuka Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Burkina ndak secara langsung menyebut China tapi mengumumkan, “Evolusi dunia dan tantangan sosio-ekonomi negara dan wilayah kita mendukung kami mempertimbangkan ulang posisi kami.”

Ketika berbicara dalam konferensi pers di Taipei, Menteri Luar Negeri (Menlu) Taiwan Joseph Wu mengumumkan dia mengusulkan pengunduran diri pada Presiden Tsai Ing-wen. Wu menyesalkan keputusan Burkina dan menambahkan, Taiwan ndak bisa berkompetisi dengan sumber daya keuangan China.

Taiwan menuduh China membujuk aliansi Taipei supaya menjauhi Taiwan dengan imbalan paket sokongan melimpah. Beijing menyangkal tudingan itu dan mengumumkan Taiwan ialah bagian dari China yang ndak mempunyai hak guna hubungan diplomatik resmi dengan negara lain manapun.

Belum ada komentar dari Kemlu China. Kantor kabar Xinhua cuma mengabarkan berita dari Burkina Faso tanpa memberi reaksi Beijing atas langkah tersebut.

Taiwan sebagai isu wilayah paling sensitif bagi China. Permusuhan Beijing pada Taiwan meningkat semenjak Tsai Ing-wen terpilih selaku presiden. Beijing kuatir Tsai ingin mendukung kemerdekaan Taiwan secara resmi yang sebagai garis merah bagi China. Tsai mengumumkan dia ingin menjaga status quo.

Loading...
loading...

China merupakan mitra datang terbesar Afrika. Beijing mempunyai investasi besar dalam pertambangan, konstruksi dan perbankan, meski tidak cukup aktif di Burkina. China menggelar konferensi tingkat tinggi para pemimpin Afrika pada September di Beijing guna menawarkan janji-janji baru sokongan dan pinjaman.  

Pada Maret, China mengumumkan ingin aliansi Taiwan meninggalkan Taipei guna mengakui keputusan strategi satu China. Burkina sebagai negara kelima yang memutus hubungan diplomatik dengan Taiwan semenjak Tsai menjabat, sesudah Republik Dominika, Gambia, Sao Tome dan Principe, serta Panama.

Vatikan keboleh-jadian bakal mengikuti langkah tersebut asbab Takhta Suci dan China kian mendekat guna pemilihan para uskup di sana. Taipei mengumumkan Republik China yang merupakan nama resmi Taiwan merupakan negara berdaulat yang mempunyai hak mengembangkan hubungan dengan negara-negara lain.

Banyak negara sudah berganti-ganti supporting antara Beijing dan Taipei banyak kali. Ini kedua kalinya Burkina Faso memutus hubungan dengan Taiwan. Burkina pernah melakukannya pada 1973, sebelum kembali menjalin hubungan dengan Taipei pada 1994.

Temporer, retailer Jepang, Muji, didenda USD31.300 di Shanghai asbab mempergunakan kemasan yang berisi daftar Taiwan selaku negara. Ini menandai kedua kalinya Muji terkena kritik dari China tahun sekarang. Muji sebagai bagian dari banyak perusahaan asing masuk didalamnya Delta Air Lines dan Marriott International Inc yang meminta maaf atas aksi serupa.

Taiwan Kehilangan Aliansi Burkina Faso

Loading...

[Surce]

loading...

You might like

About the Author: Muhammad Najib

KOLOM KOMENTAR ANDA :