Tabayun: Di Seminar Sidogiri KH Said Aqil Sirodj Ndak Pulang Duluan

Ini tabayun atas berita melenceng bahwa KH Said Aqil Sirodj pulang duluan dalam acara seminar Sidogiri. Yang sejatinya KH Said Aqil Sirodj nggak pulang duluan, beliau mengikuti sampai sesi tanya jawab ….

 

KH Said Aqil Sirodj bercakap-cakap dengan Habib Taufiq Assegaf

 

Islam-Institute, Jakarta – Waktu seminar internasional di PP Sidogiri berjudul “Jalan penyelesaian Dinamika Islam Kekinian di Indonesia dan Dunia” yang dihadiri oleh al-Habib Abubakar al-Adniy Yaman, Kyai Said Aqil Siradj, Buya Yahya, dan para ulama lain dikabarkan bahwa bahwa Kyai Said Aqil Siradjsetelah perjumpaan istirahat sholat dan makan siang langsung pulang dan nggak mengikuti sesi tanya jawab.

Ditanya hal seperti ini KH. MUHIB AMMAN ALI langsung membantah “TIDAK BENAR, beliau ( Kyai Said ) mengikuti sampai sesi tanya jawab. Waktu sesi tanya jawab, ada bagian peserta yang mengungkit soal proses pemilihan dalam muktamar NU ke 33. Habib Taufiq Assegaf langsung memutus dan mengumumkan bahwa terpilihnya KH. Said Aqil ialah kenyataan yang wajib diterima, dan nggak boleh ada usaha untuk menjatuhkan.”

“Namun selaku muslim, kita wajib mengingatkan kalau ada yang salah, itulah tanggung jawab ulama, mumpung masih ada kyai sepuh.” Begitu penjelasan Kyai Muhib Amman Ali.

JUSTRU yang pulang lebih dahulu ialah KH. Yahya Zainul Maarif (Buya Yahya), bahkan waktu Habib Abu Bakar Al Adni masih menyampaikan sesi ceramah, KH. Yahya Zainul Maarif pamit izin ke Habib Abu Bakar Al Adni untuk meninggalkan tempat acara. Waktu sesi ceramah dari KH. Yahya Zainul Maarif juga cuma sebentar, ini sebab beliau merasa nggak pantas ( sikap tawadhu’ ) berbicara di depan para kyai sepuh dan habaib sepuh terutama pengasuh Ponpes Sidogiri dan Habib Abu Bakar Al Adni.

Seperti ini klarifikasi (tabayun) atas berita-berita melenceng yang beredar, TETAP JAGA NAHDLATUL ULAMA DENGAN BAIK, jangan membingungkan ummat dengan hal-hal yang memicu terjadinya pecah belah. (al/MusiModerat)

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :