Syetan dan Dua hal yang Dilakukannya

Setan dan Dua hal yang Dilakukannya

Syetan dan Dua hal yang Dilakukannya

Setan dan Dua hal yang Dilakukannya
Jalan kehidupan insan di dunia ini tidak bakal semulus yang ia bayangkan, semuanya butuh perjuangan yang nyata, maupun kasat mata, terutama Syaitan senantiasa mencari cara demi menyengsarakan insan dengan berbagai strateginya. Bagian Sahabat Nabi yang bernama Ibnu Abbas pernah berkata, ada dua hal dari pengaruh Syaitan,
serta ada dua hal lain dari Allah, lalu beliau membaca Surat Al Baqarah, Ayat 268:

(الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ ۖ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ)

Artinya:Syetan menjanjikan (menakut-nakuti) kemiskinan kepadamu dan menyuruh kau berbuat keji (kikir), sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya kepadamu. Dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.

Menurut Imam Thohari dalam Tafsirnya, beliau menerangkan bahwa syaitan memberi janji terhadap insan bahwa orang yang menyedekahkan hartanya ia bakal sebagai fakir miskin, serta syaitan senantiasa membisikkan terhadap insan dengan segala cara supaya insan melaksanakan maksiat, atau kejahatan yang dicegah oleh Allah.

Sedangkan Ibnu Abbas menerangkan bahwa Allah memerintahkan terhadap kita demi senantiasa patuh terhadap Allah dan menyedekahkan sebagian hartanya supaya memperoleh ampunan dan anugerah dari Allah.

Maka dari itu, kita semestinya lebih hati-hati dengan memperbanyak ilmu agama supaya terhindar dari pengaruh Syaitan, sehingga kita sebagai insan yang diampuni oleh Allah, serta mulia kehidupannya.

Source by Ahmad Naufal

Jasa Website Alhadiy

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

KOLOM KOMENTAR ANDA :