Surat Kabar ISIS Berbahasa Indonesia Itu Bernama Al-Fatihin

Surat Kabar ISIS Berbahasa Indonesia Itu Bernama Al-Fatihin
Loading...

Surat Kabar ISIS Berbahasa Indonesia Itu Bernama Al-Fatihin

Kubu Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) diketahui sudah merilis publikasi berbahasa Indonesia yang penyebarannya ditunaikan secara rahasia semenjak 2016. Surat kabar propaganda kubu radikal ini bernama Al-Fatihin.

Media tersebut berisi kabar-kabar dari Suriah dan Irak serta seruan guna melaksanakan aksi anarkis. Selain berbahasa Indonesia, media tersebut pun berbahasa Malaysia dan Filipina.

Al-Fatihin dalam bahasa Arab bermakna “Para Penakluk”. Surat kabar tersebut diluncurkan pada 20 Juni 2016 yang kala itu bersesuaian dengan bulan Ramadan.

“Surat kabar untuk para migran berbahasa Melayu di Negara Islam,” bunyi slogan media tersebut.

Surat Kabar ISIS Berbahasa Indonesia Itu Bernama Al-Fatihin

Kepolisian Daerah Jawa Timur dilaporkan sudah melacak surat kabar ISIS tersebut. Media itu disebarkan secara rahasia di internal kubu Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang sudah berafiliasi dengan ISIS. JAD oleh polisi dinyatakan terlibat dalam serbuan bom bunuh diri di 3 gereja di Surabaya.

Publikasi Al-Fatihin dengan bahasa-bahasa lokal di negara-negara Asia Tenggara ini diduga bermaksud guna memikat anggota baru ISIS di Malaysia, Indonesia, Brunei, Singapura, Thailand selatan dan Filipina selatan.

“Al-Fatihin menopang pesan-pesan (ISIS) yang menyerukan terhadap kelompok-kelompok anggota milisi di Indonesia dan Filipina guna bersatu dan bersumpah setia kepada Abu Bakr Al-Baghdadi,” tulis Jasminder Singh dan Muhammad Haziq Jani, analis terorisme di Nanyang Technological University, Singapura, dalam makalah penelitian mereka berjudul “Al-Fatihin: Islamic State’s First Malay-Language Newspaper”.

“Tagline Al-Fatihin menggerakkan titik bahwa, tak peduli perbedaan dan nuansa dalam bahasa, identitas dan asal-usul, jihadis Asia Tenggara mempunyai logo yang umum dan dengan beginilah, seluruhnya jihadis berbahasa Melayu wajib bertindak selaku satu kesatuan,” lanjut para analis tersebut, sepertikan dilansir TIME.

Munculnya surat kabar rahasia itu disusul dengan peluncuran sebuah video oleh ISIS yang mengumumkan Filipina selaku wilayah kubu tersebut. Dalam video itu, ISIS menyerukan para jihadis Asia Tenggara guna melaksanakan travelling menuju Filipina kalau mereka tak bisa berangkat menuju Suriah. (Sindonews)

Surat Kabar ISIS Berbahasa Indonesia Itu Bernama Al-Fatihin

Loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :