Home / Berita Asia / Sunni – Syiah Shalat Jum’at dalam Satu Masjid di Azerbaijan

Sunni – Syiah Shalat Jum’at dalam Satu Masjid di Azerbaijan

Sunni – Syiah, untuk menagkal takfirisme yang disebarkan kaum Wahabi akhir-akhir ini. Maka kaum Ahlus Sunnah wal Jamaah dan Syiah di Azerbaijan melaksanakan Shalat bersama dalam satu Masjid ….

Islam-Institute, BAKU AZERBAIJAN – Muslim Pengikut madzhab Sunni dan Syiah menggelar shalat Jum’at bersama (22/01/16) kemarin. Hal ini demi mempererat persatuan Islam di Masjid Heydar, masjid terbesar di Baku, Azerbaijan.

Demi menekankan pentingnya persatuan Islam dan meningkatkan solidaritas di antara sesama muslim. Maka umat Islam Azerbaijan mulai melakukan sholat Jum’at berjamaah yang akan dipimpin oleh Imam dari Sunni maupun Syiah secara bergantian setiap minggunya.

Muslim dari berbagai mazhab yang berbeda biasanya mengadakan shalat di masjid-masjid berbeda. Namun kini kedua komunitas sering bergabung di masjid satu sama lain. Dan mengikuti shalat berjamaah dalam shaf yang sama di sana. Ini dilakukan sejak pengumuman awal tahun lalu, yang menyatakan tahun ini sebagai Tahun Multikulturalisme di Azerbaijan.

Gerakan persatuan umat Islam yang diusung dalam Tahun Multikulturalisme disambut dengan sangat terbuka oleh masyarakat Azerbeijan. Yaitu semenjak masalah utama yang menyebabkan krisis di dunia Islam yaitu Takfirisme dan Wahabisme. Serta meluasnya Islamophobia telah memecah belah sesama muslim. Hal inipun memberi kesempatan kepada para musuh Islam untuk menebar fitnah di antara sesama Muslim.

Haji Sabir Hasanli, wakil ketua kantor Muslim Kaukasia, pimpinan Kantor Kompleks Masjid Heydar mengatakan kepada kantor berita Afghanistan, APA. Bahwa Hafiz Abbasov secara teratur ditunjuk sebagai Imam Sunni bergantian dengan Rufat Garayev sebagai Imam Syiah di masjid Masjid Heydar tersebut. (AL/ARN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Militer Myanmar Wajib Bertanggung Jawab atas Krisis Rohingya

PM inggris menyatakan militer Myanmar wajib bertanggung jawab atas krisis Rohingya. Militer Myanmar sedang menjadi ...