Sri Mulyani: Target Tax Amnesty Tidak Akan Diubah Apapun Risikonya

JAKARTATarget Tax Amnesty enggak akan diubah apapun resikonya. Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan (Menkeu) mengatakan dengan tegas tak akan merevisi target penerimaan program tax amnesty (pengampunan pajak). Waktu ini, diperkirakan shortfall pajak atau melesatnya realisasi penerimaan sampai akhir tahun mencapai Rp219 triliun, angka tersebut sesudah dimasukkannya asumsi target tax amnesty kalau tercapai ialah Rp165 triliun.

Bila target tax amnesty tak tercapai di angka tersebut, dikhawatirkan shortfall pajak akan melebar melebihi angka tersebut. Maka seperti diketahui, mau tak mau pemerintah mesti merevisi penerimaan dari target tax amnesty.

“Target tax amnesty ini tak kita revisi sampai hari ini. Kami mempergunakan asumsi sebab saya ingin membangun Kesempatan Baik tax amnesty ini terus berjalan dengan baik. Jikalau dilihat dari animo, perhatian dan keinginan publik,” kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

 

Dia menambahkan tax amnesty ini menyangkut hal yang lebih fundamental, sebab tak cuma penerimaan negara untuk tahun sekarang saja tapi lebih ke membuka basis pajak seluas-luasnya sehingga tahun-tahun yang akan datang dapat meningkatkan kesanggupan negara untuk memperbesar basis pajak yang luas.”Tapi kita memberikan catatan, target penerimaannya mesti dicapai. Sebab saya rasa, saya percaya pada DPR dan pemerintah yang telah bahas tax amnesty ini,” lanjut Sri Mulyani.

Jadi kata dia, penerimaan dari tax amnesty ini akan diupayakan terus, tetapi tentu tetap mesti menjaga kalau itu tak tercapai bagaimana pengelolaan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) sampai akhir tahun.

“Namun kami terus menginginkan target tax amnesty akan tercapai bukan saja dari sisi hitungan total setorannya, tapi yang paling penting basis pajak kita lebih diperluas sebab itu fondasi yang jauh lebih berharga,” pungkasnya.

Berkeinginan dan optimis dapat dicapai seperti yang diinginkan pemerintah akan jadi pemicu pencapaian target tax amnesty.

Jasa Website Alhadiy

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :