Sosok Pemimpin dengan Perilaku “Edan”

Sosok Pemimpin dengan Perilaku “Edan”

Biasanya seorang pemimpin biasanya berkarisma, berwibawa, dan gagah. Seorang pemimpin idealnya pun berperilaku ramah dan berkelas. Tapi apa yang terjadi kalau ternyata mereka diketahui mempunyai perilaku yang tak biasa alias “edan”?

Dalam sejarahnya ada sejumlah pemimpin yang mempunyai perangai tidak umum, berikut di antaranya.

1. Saparmurat Niyazov (Presiden Turkmenistan)

Sosok Pemimpin dengan Perilaku Nyeleneh

Presiden seumur hidup Turkmenistan yang wafat pada 2006 ini mempunyai bakat mengagung-agungkan dirinya secara vulgar bahkan ekstrem. Ia mengubah namanya sebagai Turkmenbashi, memerintahkan pendirian patungnya dari emas di pusat ibu kota. Arca itu mampu berputar sehingga selalu menghadap menuju Matahari.

Julukan resminya, “Serdar Turkmenbashi” — pemimpin agung bangsa Turkmen. Tidak cuma itu, muka dan namanya terlihat di mana pun: uang, sudut jalan, botol vodka, bahkan mengganti nama bulan ‘Januari’ sebagai ‘Turkmenbashi’.

2. Qin Shi Huang (Kaisar pertama China)
Sosok Pemimpin dengan Perilaku Nyeleneh
Qin Shi Huang sebagai kaisar pertama yang menyatukan China. Sepanjang sejarah ummat manusia, Qin Shi Huang merupakan bagian penguasa kejam, megalomania, bahkan ia menolak untuk mati. Sang kaisar mempunyai ketakutan luar biasa kepada kematian yang menyebabkan dia menghabiskan sebagian besar hidupnya guna mencari keabadian.

Dia pun mempunyai paranoia yang membuatnya terus-menerus kuatir musuh bakal mengambil nyawanya.

Sebelum kematian menjemputnya, Qin Shi Huang memerintahkan pendirian sebuah makam luar biasa besar dan memposisikan 8.000 prajurit tanah liat serta membikin miniatur kota guna diperintahnya di alam baka.

3. Nero (Kaisar Romawi)
Sosok Pemimpin dengan Perilaku Nyeleneh
Nero, yang hidup pada masa Romawi kuno ini terkenal amat menakutkan. Dia menghancur-leburkan kota tercintanya bersama rakyat yang tidak terhitung jumlahnya. Kaisar Romawi ini disalahkan atas kebakaran besar di Roma.

Dia pun dituduh sudah mencelupkan orang menuju dalam minyak panas. Tidak cuma itu, dia juga yang bertanggung jawab atas pembunuhan beberapa orang, termasuk ibunya sendiri.

4. Jean Bedel Bokassa (Presiden Afrika Tengah)
Sosok Pemimpin dengan Perilaku Nyeleneh
Jean-Bedel Bokassa berkuasa selaku presiden Republik Afrika Tengah sampai 1976. Pada tahun inilah ia memutuskan mengubah negara itu sebagai Kekaisaran Afrika Tengah, dan menyatakan dirinya selaku Kaisar Bokassa pertama.

Penobatannya selaku kaisar terinspirasi oleh kaisar Prancis Napoleon Bonaparte. Penobatan Bokassa selaku kaisar menelan dana seperempat dari anggaran negara. Sayangnya, tak ada negara yang menghadiri penobatannya selaku kaisar.

Kekaisaran Bokassa akhirnya runtuh, cuma dua tahun seusai penobatannya.

5. Ibrahim I (Sultan Ottoman)
Sosok Pemimpin dengan Perilaku Nyeleneh
Ibrahim I ialah Sultan di Kekaisaran Ottoman yang cuma berkuasa Eight tahun (1640-1648). Ibrahim I sanggup membikin dirinya terkenal berkat obsesinya pada perempuan gendut. Ia kerap memerintahkan orang-orangnya guna mencari perempuan paling gemuk di jagat.

Yang paling dicintainya ialah seorang perempuan yang mempunyai berat berkisar 330 kg. Ia memanggil perempuan itu dengan panggilan sayang “Sepotong Gula”. Saking cintanya, ia memberi perempuan itu dana pensiun pemerintah dan menjulukinya Gubernur Jenderal Damaskus.

6. Ludwig II (Raja Bavaria)
Sosok Pemimpin dengan Perilaku Nyeleneh
Ludwig II menguasai Bavaria (Jerman) mulai 1845 sampai 1886. Ia terkenal sebab gayanya yang eksentrik dalam mengatur pemerintahan dan animonya pada seni. Ludwig II mencetuskan gagasan guna mendirikan kastil yang sebelumnya cuma ada dalam negeri dongeng.

Fantasinya benar-benar terwujud dengan berdirinya Neuschwanstein Fortress, kastil yang sampai sekarang sebagai objek wisata utama paling terkenal di wilayah Bavaria, Eropa. Kastilnya ini bentuknya luar biasa indah tapi sedikit kekanak-kanakan sebab Ludwig II merancangnya berdasarkan khayalan masa kecil tentang sebuah puri di negeri dongeng.

7. Tsar Peter III (Kaisar Rusia)
Sosok Pemimpin dengan Perilaku Nyeleneh
Peter III ialah Kaisar Rusia yang bertahta selama 6 bulan di tahun 1762. Ia terkenal sebab menikah tapi menolak guna menggauli istrinya, Putri Sophie. Saban malam ia menghabiskan waktu di tempat tidur bermain dengan mainan tentara.

Pada malam perkawinan, Tsar sudah menarik sekotak tentara mainan dari bawah tempat tidur dan memaksa istrinya bermain dengan tentara-tentara itu sampai pukul dua pagi. Menyaksikan tingkah suaminya itu Catherine amat kesal.

Beberapa bulan kemudian Peter III ditemukan tewas. Banyak yang meyakini pembunuhan tersebut diotaki istrinya yang lantas naik tahta.

8. Joanna (Ratu Kastila Spanyol)
Sosok Pemimpin dengan Perilaku Nyeleneh
Joanna (6 November 1479–12 April 1555) dijuluki Juana yang Gila ialah Ratu Kastila dan León dari tahun 1504 dan Ratu Aragon dari tahun 1516. Dari penyatuan dua kerajaan ini terbentuk Spanyol modern.

Joanna menghabiskan tahun-tahun hidupnya dengan seorang lelaki yang dikenal sebagai Philip yang tampan. Juanna amat mencintai suaminya Philip bahkan sampai suaminya meninggal ia pun menolak untuk dikuburkan.

Sebaliknya, Joanna tetap menyimpan mayat suaminya di kamar. Lebih dari 12 bulan, sampai akhirnya tubuh Filipus perlahan-lahan membusuk. Setiap kali seseorang menanyakan, ia akan bersikeras bahwa suaminya tertidur.

9. Frederick William I (Raja Prusia)
Sosok Pemimpin dengan Perilaku Nyeleneh
Raja Prusia Frederick William I dikenal sebab obsesinya kepada semua hal berbau militer. Salah satunya ialah kesukaannya menyaksikan prajurit dengan tubuh tinggi, khususnya mereka yang tergabung di “Postdam Giants”, resimen tentara yang mempunyai tinggi badan di atas dari rata-rata.

Guna merekrut orang tinggi untuk resimen, raja menawarkan bonus; dan kalau itu gagal, dia ‘cuma’ akan menculik mereka. William pernah berseloroh, satu-satunya kelemahan dirinya bukan perempuan cantik sebagaimana kebanyakan lelaki tetapi seorang prajurit tinggi.

Sumber: http://listverse.com

(amm)

[Source link]

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.