Soal Denuklirisasi Korut, Sikap Donald Trump Melunak

Soal Denuklirisasi Korut, Sikap Donald Trump Melunak


loading…

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memperlihatkan perubahan sikap terkait denuklirisasi Korea Utara (Korut). sebelum ini, Trump berharap Korut menanggalkan program nuklirnya secara menyeluruh tanpa ada konsesi timbal balik. Sekarang, Trump membuka pintu pembongkaran program senjata nuklir Korut secara bertahap.Perubahan sikap Trump muncul seusai Korut mengumumkan bukan bakal pernah setuju guna secara sepihak menyerahkan senjatanya. Korut bahkan mengancam guna membatalkan perjumpaan puncak yang dinantikan antara Kim Jong-un dan Trump yang dijadwalkan bulan depan di Singapura.

Skala program Korut, kata Trump, bakal membuatnya sulit guna membongkarnya dalam satu langkah.

“Itu pasti bakal lebih bagus kalau semuanya dalam satu langkah,” katanya.

“Apakah itu wajib terjadi? Aku bukan berpikir. Aku ingin sungguh-sungguh berkomitmen,” imbuhnya bagaikan dilansir dari New York Times, Rabu (23/5/2018).

Pengumuman terbuka itu disampaikan Trump ketika dia menyambut Presiden Moon Jae-in dari Korea Selatan (Korsel) di Gedung Putih.

Ia juga kembali memperlihatkan antusiasmenya guna perjumpaan dengan Kim Jong-un. lelaki berumur 71 tahun itu percaya mampu mengantarkan era baru kemakmuran bagi Korut dan keselamatan Kim Jong-un. Tetapi ia mengakui bahwa seusai Korut memperlihatkan perubahan sikap, perjumpaan ia dengan Kim Jong-un mampu saja tertunda.

“Ada keboleh-jadian yang amat besar bahwa itu bukan bakal sukses, dan itu O.K.,” kata Trump terhadap para awak media, ketika Moon mendengarkannya.

Loading...
loading...

“Itu bukan artinya itu, bukan bakal sukses dalam jangka waktu tertentu. Namun itu bisa jadi bukan sukses guna 12 Juni,” imbuhnya.

“Ada keadaan tertentu yang kami inginkan terjadi. Aku pikir kita bakal memperoleh keadaan itu. Dan kalau bukan, kami bukan bakal mempunyai perjumpaan,” tukasnya.

Trump menjelaskan ia mendeteksi perubahan pada Kim Jong-un seusai diktator Korut itu berjumpa dengan presiden China, Xi Jinping, bulan ini di kota pesisir China, Dalian. Trump mengumumkan bahwa Xi, yang dia gambarkan selaku “pemain poker kelas dunia,” memotivasi Jong-un guna mengeraskan pendekatannya menuju AS, sebagian guna memperoleh pengaruh dalam negosiasi perdagangan antara China dan AS.

“Ada sikap yang tak sama dari orang Korea Utara seusai perjumpaan itu. Aku bukan mampu menjelaskan bahwa aku suka soal itu,” kata Trump.

Trump mencoba mengkonfirmas hal itu terhadap koleganya, Moon Jae-in. Moon juga menyangkal hal itu, walaupun ia mengakui ada skeptisisme di AS soal prospek keberhasilan negosiasi.Ia menjelaskan partisipasi Trump mengatur proses ini terpisah dari yang sebelumnya.

Soal Denuklirisasi Korut, Sikap Donald Trump Melunak

Loading...

[Surce]

loading...

You might like

About the Author: Muhammad Najib

KOLOM KOMENTAR ANDA :