seusai Batalkan Perjumpaan, Trump Kirim warning menuju Korut

seusai Batalkan Perjumpaan, Trump Kirim warning menuju Korut


loading…

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menyampaikan peringatan terhadap Korea Utara (Korut) bahwa angkatan bersenjata AS siap bertindak atas tiap tindakan sembrono oleh Pyongyang. warning itu dilontarkan Trump seusai sebelumnya membatalkan perjumpaan bersejarah dengan pemimpin Korut Kim Jong-un yang dijadwalkan bulan depan.Dalam sebuah pengumuman terbuka di Gedung Putih, Trump menjelaskan ia masih terbuka guna dialog tetapi sudah berbicara dengan Menteri Pertahanan Jim Mattis dan mengingatkan Korut kepada tiap tindakan sembrono. Ia menjelaskan angkatan bersenjata AS ialah yang paling kuat dalam kata dan siap kalau diperlukan.

Trump menjelaskan Korea Selatan (Korsel) dan Jepang pun siap menanggung tidak sedikit beban keuangan kalau situasi yang ndak menguntungkan dipaksakan oleh Korut.

“Temporer tidak sedikit hal mampu terjadi dan peluang besar ada di depan, aku percaya ini ialah kemunduran yang luar biasa bagi Korea Utara dan memang kemunduran bagi dunia,” kata Trump semirip dilansir dari Reuters, Jumat (25/5/2018).

Ditanya apakah pembatalan perjumpaan meningkatkan risiko tempur, dia menjawab: “Kami bakal menyaksikan apa yang terjadi.”

Trump menjelaskan AS bakal meneruskan kampanye sanksi “tekanan maksimum” guna menekan Korut supaya menyerahkan senjata nuklirnya.

“Korea Utara mempunyai kesempatan guna mengakhiri dekade kemiskinan dan penindasan dengan mengikuti jalan denuklirisasi dan berkoalisi dengan komunitas bangsa-bangsa,” ujar Trump.

“Aku menginginkan Kim Jong-un pada akhirnya bakal melaksanakan apa yang benar tidak cuma guna dirinya sendiri, tetapi bisa jadi yang paling penting apa yang tepat guna rakyatnya, yang amat menderita dan ndak perlu,” imbuhnya.

Loading...
loading...

Bulan lalu Trump memuji Kim Jong-un selaku sosok yang “amat terhormat” ketika mempersiapkan perjumpaan. Tetapi prospek perjumpaan mengalami kemunduran bulan ini seusai Korut dengan marah menolak anggapan bahwa mereka bakal menyetujui perlucutan senjata nuklir sepihak semirip yang dituntut AS.

Trump membatalkan perjumpaan itu banyak jam seusai Korut mewujudkan janji guna meledakkan terowongan di tempat uji coba nuklir utamanya, yang menurut Pyongyang ialah bukti komitmennya guna mengakhiri uji coba nuklir.

Sekelompok kecil media internasional yang dipilih oleh Korut menyaksikan pembongkaran terowongan di situs Punggye-ri pada hari Kamis.

Penghancuran dari apa yang dikatakan Korut ialah satu-satunya tempat uji coba nuklirnya disambut secara luas selaku langkah positif, kalau sebagian besar simbolis, ke penyelesaian ketegangan atas proyek senjatanya. Kim Jong-un sudah mengumumkan power nuklirnya utuh, di tengah spekulasi situs itu telah usang.

Walaupun Trump membatalkan perjumpaan, Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in, mendesak Trump dan Kim Jong-un guna berbicara langsung satu sama lain.

seusai Batalkan Perjumpaan, Trump Kirim warning menuju Korut

Loading...

[Surce]

loading...

You might like

About the Author: Muhammad Najib

KOLOM KOMENTAR ANDA :