Serbuan Bom Bunuh Diri Guncang Kabul, Afganistan, 42 Orang Meninggal

Website Islam Institute

Ratusan Orang Juga Cedera Akibat Serbuan Bom Bunuh Diri di Kabul, Afganistan

Islam-Institute.com, KABUL – Rentetan serbuan bom Bunuh Diri mengguncang Kabul, Afghanistan. Gelombang serbuan yang menyasar polisi Afghanistan, prajurit dan istalasi NATO di Kabul itu meyebabkan 42 orang terbunuh.

Ratusan orang juga cedera akibat gelombang serbuan itu. Serbuan bertubi-tubi terjadi sesudah berita kematian pemimpin Taliban muncul beberapa hari lalu.

Gelombang serbuan terjadi pada Jumat kemarin. Kabul dalam beberapa hari ini jadi target serbuan Taliban dan kubu pemberontak lainnya yang berusaha menggoyahkan pemerintah Presiden Ashraf Ghani yang masih rapuh.

Loading...
loading...

 

Rentetan serbuan bom mengguncang Kota Kabul. | (Reuters)

 

Rentetan serbuan ini membingungkan, sebab tidak terang siapa kubu yang melakukannya. sebelum ini, Taliban pada Minggu lalu melalui pesan halus membenarkan berita kematian pemimpinnya, Mullah Mohammad Omar. Berita itu juga memicu spekulasi terjadi sengketa kepemimpinan Taliban sepeninggal Omar.

”Pertanyaannya ialah, siapa yang mengirimkan pesan?,” kata Thomas Ruttig, analis Jaringan Afghanistan. Sepeninggal Omar, muncul nama Mullah Akhtar Mansour selaku pemimpin baru Taliban. Mansour sebelumnya, dipandang selaku sosok yang terbuka untuk pembahasan damai, tetapi dia berjanji untuk meneruskan Bughot yang sudah mematikan dan melukai ribuan orang.

Loading...

Kepolisian Afghanistan mengumumkan, bagian pelaku pemboman di akademi polisi Kabul dikerjakan orang yang menyamar selaku polisi. ”Pembom itu mengenakan seragam polisi dan meledakkan dirinya dengan bahan peledak di kalangan taruna yang baru saja kembali dari istirahat,” kata seorang pejabat polisi Afghanistan yang berbicara dalam keadaan anonim, seperti dilansir Reuters. (al/mas)

loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :