Serbuan Brutal Arab Saudi Hantam Hospital MSF di Yaman

Website Islam Institute
Loading...

Krisis YAMANSerbuan udara yang membabi-buta oleh Arab Saudi sudah menghantam sebuah RS yang dioperasikan oleh organisasi kesehatan Whithout Borders, yang juga dikenal dengan singkatan MSF. Sedikitnya 4 orang meninggal dalam serbuan brutal itu dan melukai beberapa orang lainnya, menurut laporan setempat.

Sarana medis yang terletak di distrik Razeh, Provinsi Sa’ada, dibom pada Minggu (10/01/2016), kata laporan media Yaman. Laporan juga menjelaskan bahwa setidaknya 15 orang lainnya mengalami luka-luka dalam serbuan udara yang mematikan itu.

RS MSF Mengutuk Serbuan Jet Perang Arab Saudi

Organisasi kemanusiaan yang berbasis di Paris mengkritik keras keras serbuan itu, dan menggambarkannya selaku bagian dari kejahatan kepada Sarana medis.

“Kami terlalu mengutuk kejadian ini, dan mengatakan dengan tegas serbuan yang terlalu mengkhawatirkan kepada pelayanan medis dan mengekspresikan kemarahan kuat kami, sebab serbuan ini akan menyebabkan warga tidak sanggup memperoleh servis kesehatan selama berminggu-minggu”, Raquel Ayora, direktur MSF direktur, menjelaskan pada hari Minggu.

Dia juga mengumumkan bahwa MSF sudah berbagi titik koordinat Sarana kesehatan tersebut untuk mereka yang tengah berperang melawan Yaman.

“Seluruh pihak yang bertikai sudah diberitahu secara detail titik koordinat GPS dari Sarana RS MSF”, kata Ayora. Dia juga menambahkan, “Tidak ada argumentasi bagi mereka untuk menjelaskan ‘kami tidak tahu Sarana kesehatan tersebut’. Ayora juga mengumumkan bahwa masyarakat sipil menanggung beban dari perang yang tengah berlangsung di Yaman. Sekali lagi masyarakat sipil yang jadi korban dari perang yang dipaksakan Arab Saudi”.

loading...

Ini bukan ke-1 kalinya jet perang Saudi menargetkan RS MSF di Yaman.

Pada awal Desember 2015, pesawat perang Saudi juga membom sebuah klinik MSF di provinsi barat daya Ta’izz. Serbuan itu sedikitnya mematikan 3 orang dan menimbulkan kerusakan berat pada pusat pelayanan medis.

Pada akhir Oktober tahun lalu, serbuan rudal Saudi juga menghantam klinik MSF di Provinsi Sa’ada, menyebabkan beberapa orang cedera dalam serbuan itu.

Kubu Whithout Borders sudah mengkritik keras serangan-serangan Arab Saudi kepada RS MSF, yang terus melaksanakan kesengajaan dengan menarget Sarana medis. Ini ialah jelas-jelas menabrak hukum internasional”.

Komite Palang Merah Internasional ( ICRC ) dalam sebuah laporan pada hari Kamis menyuarakan kekuatiran soal serbuan yang menargetkan RS di Yaman.

Dalam insiden terpisah pada hari Minggu, pesawat perang Saudi juga membom sebuah pasar di distrik Razeh, Provinsi Sa’ada, sedikitnya mematikan delapan orang dan melukai beberapa orang lain .

Arab Saudi sudah memulai serbuan angkatan bersenjata kepada Yaman semenjak Maret 2015, tanpa mandat PBB, dalam usaha melemahkan gerakan Houthi Ansarullah dan mengembalikan power eks Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Al-Hadi, sekutu dekat Riyadh .

Serbuan Arab Saudi juga sudah menghancur-leburkan fasilitas dan prasarana negara , menghancur-leburkan beberapa RS, sekolah dan pabrik.

Angkatan bersenjata Saudi juga sudah memblokir aliran dukungan kemanusiaan ke Yaman sampai menciptakan krisis kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Semenanjung Arab.  (AL/ARN/AU/Ptv)

Loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :