Senjata Kimia Fosfor Putih Dipakai Arab Saudi di Yaman

Senjata Kimia Fosfor putih, YAMAN – Saudi mempergunakan senjata kimia fosfor putih buatan AS di Yaman. Arab Saudi terus melancarkan perang kepada Yaman. Bukti terbaru memperlihatkan bahwa kerajaan Arab Saudi mempergunakan amunisi senjata kimia fosfor putih. Kemungkinan senjata kimia ini dibuat oleh Amerika Serikat.

 

 

Sejauh serbuan angkatan bersenjata berdarah di Yaman, Riyadh sudah dituduh melaksanakan pelanggaran hak asasi manusia secara terus-menerus. Hal itu dikerjakan selama pemboman membabi buta atas daerah-daerah sipil. PBB memperkirakan bahwa kisaran 10.000 orang sudah mati dalam 18 bulan pertempuran. Kisaran 3.800 orang korban dipercayai penduduk sipil.

Bukti terbaru yang terpublikasikan di media sosial memperlihatkan bahwa Arab Saudi juga mempergunakan amunisi fosfor putih dalam serbuan. Bahan yang amat berbahaya dan bersifat pembakar. Dan Amerika Serikat sudah mengakui menjual senjata itu ke kerajaan Arab saudi di masa lalu.

Senjata kimia fosfor putih sanggup membakar kulit sampai melelehkan tulang

Sementara, senjata kimia fosfor putih tak dicegah di bawah hukum perang internasional. Ada pedoman yang ketat untuk penggunaannya. Untuk operasi angkatan bersenjata, kimia dapat dipakai di daerah terbuka selaku layar asap, tapi tak untuk dipakai selaku senjata. Mengingat sifat pembakar, yang membakar kulit manusia sampai melelehkan tulang. Gambar diposting ke media sosial memperlihatkan sisa-sisa fosfor putih, yang menurut pejabat AS buatan Amerika.

Konon, frustrasi oleh aksi Riyadh di Yaman, Obama sudah mengambil beberapa langkah untuk membatasi penjualan senjata ke monarki Saudi. Pada bulan Mei, Washington menghentikan penjualan hampir 400 bom cluster. seusai penggunaan senjata terdokumentasi di wilayah sipil. Minggu ini, anggota parlemen juga menunda kesepakatan penjualan senjata senilai 1 juta dolar AS.

Tapi, Washington terus membantu pesawat-pesawat Saudi dalam pengisian bahan bakar selama menjalankan misi dan memberikan data intelijen untuk pasukan Saudi.

Amerika Serikat mempunyai sejarah mempergunakan senjata kimia fosfor putih. Termasuk di Irak pada tahun 2004 dan seluruh perang di Afghanistan.

“Amerika Serikat tak semestinya menyediakan atau menjual amunisi fosfor putih ke Arab Saudi, atau angkatan bersenjata lain. Yang akan menggunakannya dalam konflik Yaman,” kata Sunjeev Bery, direktur advokasi Amnesty International untuk Timur Tengah dan Afrika Utara. Menurut Independent. “Selaku penjual senjata utama ke Arab Saudi, AS ber-resiko terlibat dalam kejahatan perang. Yang mungkin dikerjakan oleh Arab Saudi di Yaman.”

Simpan

Simpan

Simpan

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :