Senat AS Pilih Akhiri Sokongan Trump atas Saudi dalam Perang Yaman


Angkatan bersenjata Saudi

WASHINGTON – Senat Amerika Serikat pada hari Rabu (12/12) memilih untuk memajukan resolusi demi mengakhiri sokongan angkatan bersenjata AS untuk gabungan Saudi di Yaman, menetapkan panggung untuk perdebatan dan pemungutan suara selanjutnya di ruangan itu.

Baca: Amerika Otak Kekacauan dan Bencana Kemanusiaan di Yaman

Pemerintahan Presiden Donald Trump sudah mendesak para member parlemen untuk menyokong kembali sokongan angkatan bersenjata bagi gabungan pimpinan Saudi. Tetapi menurut laporan The New York Times, beberapa rekan Republiknya bahkan berkoalisi dengan Partai Demokrat untuk memberikan 60 suara yang dibutuhkan demi memajukan resolusi tersebut.  3 puluh sembilan senator, yang semuanya dari Partai Republik, tidak memberikan suara pada problem prosedural.

Baca: PM Yaman: Agresi Saudi Tidak Mungkin Tanpa Sokongan Amerika

Resolusi itu tetap lolos meski meski ada himbauan dari pemimpin Kebanyakan, Mitch McConnell, pada member parlemen untuk memblokir resolusi tersebut, dengan argumentasi itu berlebihan luas.

Senat AS memberikan warning keras  ke Trump atas hubungan dekatnya yang memalukan dengan Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman menyusul tindakan mematikan jurnalis pembangkang Jamal Khashoggi.

Baca: Pemimpin Houthi: Arab Saudi Mengeksekusi Plot Amerika dan Zionis Israel di Yaman

Pemerintah Saudi waktu ini tengah bergulat dengan krisis internasional atas tindakan mematikan jurnalis pembangkang terkemuka, Jamal Khashoggi. (ARN)

Source link

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.