Selfie Depan Ka’bah Ketika Haji dan Umroh Mampu Merusak Ibadah?

Selfie Depan Ka’bah Ketika Haji dan Umroh Mampu Merusak Ibadah?


Bagian tren yang kerap dikerjakan  kaum Muslim dari berbagai belahan dunia ketika ini ialah selfie di depan ka’bah ketika sedang melakukan ibadah haji ataupun umroh. sebagian besar jemaah termotivasi demi melaksanakan hal tersebut selaku pengingat momen sakral dalam hidup mereka, ataupun motivasi lainnya.

Sesungguhnya, pemerintah Arab Saudi sudah lama mengeluarkan larangan selfie di depan kakbah sebab hal tersebut mampu mengganggu kekhusyukan aktivitas ibadah. Akan tetapi larangan tersebut ternyata Nggak berlebihan diindahkan oleh para jemaah sehingga bukannya mereda, akan tetapi malah makin marak terjadi praktik selfie tersebut apalagi dengan makin meningkatnya pengguna medsos di internet.

Dalam tinjauan syariat, ada tidak sedikit sekali kerugian yang mampu menimpa pada diri kita apabila kita melaksanakan selfie di depan kakbah. Di antaranya ialah:

Pertama, kalau selfie dikerjakan pada ketika kita sedang tawaf, dikhawatirkan kala kita sedang mengangkat gawai demi mengambil gambar, posisi bahu kita Nggak lurus ke ka’bah, sementara meluruskan bahu ke ka’bah merupakan keharusan dalam ibadah tawaf. Mampu-bisa, tawaf kita batal.

Kedua, tentu saja aktifitas selfie yang kita lakukan di sekitaran masjidil haram, lebih-lebih di depan ka’bah bakal mengganggu kekhusyukan ibadah kita dan juga ibadah orang lain. Sebagaimana kita tahu, bahwa aktifitas ibadah kita di masjidil haram, baik berupa tawaf, salat, sa’i, membaca Alquran, ataupun lainnya memerlukan kepasrahan total dari kita di depan Allah SWT.

Ketiga, biasanya foto selfie yang kita ambil tersebut lalu kita unggah ke media sosial. Tak problem apabila pengunggahan tersebut dimaksudkan demi tahaddus bi ni’mah (mengabarkan soal kenikmatan Allah pada diri kita). Akan tetapi yang dikhawatirkan, pengunggahan tersebut mengandung motivasi pamer ibadah, riya, yang tentunya semuanya itu mampu membatalkan nilai ibadah kita.

Ke-4, sebagaimana kita ketahui, pemerintah Arab Saudi yang berperan selaku Pelayan Tanah Suci, sudah secara resmi mengeluarkan larangan selfie di depan ka’bah per tanggal 12 November 2017. Tentunya, merupakan keharusan bagi kita demi menaati peraturan tersebut yang memang ditujukan untuk kemaslahatan dan kenyamanan para jemaah.

 

Source by Ahmad Naufal

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.