sekretaris jendral PBB: Pengaruh AS sudah Memudar

Sekjen PBB: Pengaruh AS telah Memudar

sekretaris jendral PBB: Pengaruh AS sudah Memudar

NEW YORK – Sekretaris Jend. Perserikatan Bangsa-Bangsa, António Guterres, menjelaskan dalam sebuah Tanya Jawab yang diterbitkan pada hari Kamis (13/09), bahwa Amerika Serikat sudah kehilangan sebagian pengaruhnya di dunia.

“Saya pikir soft power Amerika Serikat … tengah berkurang pada waktu ini,” kata Guterres untuk The Atlantic, menambahkan bahwa tidak ada “jalan untuk menuntaskan sebagian besar problem di dunia tanpa” Amerika.

The Atlantic memberitahukan bahwa Guterres, yang sudah bentrok dengan Presiden Trump Soal Pergantian iklim dan imigrasi, tidak menyebutkan nama presiden AS itu secara terang-terangan selama Tanya Jawab, atau secara spesial mengkritiknya. Tapi, Guterres Menyenggol beberapa konflik yang muncul semenjak Trump menjabat.

“Amerika Serikat waktu ini terlibat dalam sejumlah konflik dengan bermacam sifat – dalam kaitannya dengan perdagangan dan dengan situasi lain – dan sungguh itu artinya bahwa ketertarikan masarakat Amerika, yang Adalah faktor dominan dalam hubungan internasional beberapa dekade lalu, waktu ini kurang terang,” kata Guterres.

Guterres mengingatkan bahwa Kemajuan itu menimbulkan tantangan unik bagi masarakat internasional, sebab tanpa Washington “tidak ada jalan penyelesaian untuk menuntaskan sebagian besar problem di dunia.”

Loading...
loading...

Dia berpendapat bahwa dunia waktu ini tengah “berantakan,” bergerak menjauh dari tatanan yang dipimpin AS, ke sistem multipolar yang belum sepenuhnya diselesaikan.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa tatanan dunia yang unipolar akan kian dipertanyakan,” katanya.

“Baik Amerika Serikat maupun semua dunia mesti sanggup beradaptasi dengan situasi baru ini,” tambahnya. (ARN)


Source by Ahmad Naufal

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *