Internet

Search Engine Google dan Sekelumit Asal Muasal Google

Siapakah Pendiri Google?

Google memiliki latar belakang sejarah yang sangat menarik dan unik. Google Inc. merupakan sebuah perusahaan besar beralamat di Amerika Serikat yang sangatlah terkenal karena search engine yang juga dinamakan Google. Kantor pusat Google berada di Mountain View, California, disebut juga dengan ‘Googleplex’.

Ya Gogle, sebenarnya sudah sangat terkenal di seluruh dunia siapa pendiri Google, tidak lain adalah dikenal dengan Duo Pendiri Google. Google lahir dari sebuah pertemuan dua pemuda pada tahun 1995, Larry Page dan Sergey Brin. Larry Page adalah alumnus Universitas Michigan, sedangkan Sergey Brin merupakan seorang murid yang mendapat tugas untuk mengatar keliling Lary. Dalam pertemuan tanpa disengaja tersebut, duo pendiri Google ini sering terlibat diskusi panjang.

Maka berdirilah perusahaan Google, si search engine yang amat sangat terkenal khususnya bagi peselancar dunia internet. Anda hanya perlu mengetik kata kunci yang diinginkan dan pak Google akan segera melacak dan mencari informasi terkait dengan kata kunci yang dimasukkan dengat sangat cepat dalam hitungan detik saja.

Kata Google sendiri berasal dari kata Googlo, yang diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner seorang ahli matematika AS. Sirotta membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 100 yang diikuti oleh angka 0 (nol).

Google Lahir dari Perdebatan Duo Pendiri Google

Pada diskusi-diskusi panjang kedua orang tersebut dipenuhi oleh perdebatan karena keduanya memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda, tetapi hal inilah yang justru melahirkan mesin pencari ternama Google. Dari perdebatan-perdebatan karena perbedaan pemikiran mereka, menghasilkan sebuah pendekatan unik untuk bagaimana memperoleh kembali data dari set data yang sebegitu besarnya.

Pada Januari 1996, Larry Page dan Sergey Brin mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Setahun kemudian pendekatan unik ini mengangkat nama BackRub yang menyebar ke penjuru kampus. Hal ini terus disempurnakan hingga awal 1998 sambil mencari investor.

Tidak sia-sia hasil kerja keras mereka berdua, mereka mendapat suntikan dana dari teman kampus mereka, Andy Bechtolsheim pendiri Sun Microsystems. Suntikan dana ini adalah hasil dari demo singkat ke Andy yang tak memilki banyak waktu.

Google Didirikan Secara Resmi 7 September 1998 di Menlo Park, California

Tapi suntikan dana itu tidak berlangsung dengan baik, suntikan dana yang diberikan Andy diberikan untuk perusahaan dengan nama Google, padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page. Hal ini pun menyebabkan duo pendiri Google ini tidak mungkin mencairkan cek tanpa ada lembaga legal bernama Google, sehingga mereka harus mencari suntikan dana lain dari keluarga, teman dan saudara hingga terkumpul 1 juta dolar. Google pun dapat didirikan secara resmi pada 7 September 1998 di Menlo Park, California.

Google mempunyai misi “untuk mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses secara universal dan berguna.” Google sendiri memiliki suasana budaya perusahaan yang santai seperti filosofinya, yaitu “Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan” dan “Don’t be Evil”.

Fakta Awal Seputar Duo Pendiri Google

1. Larry Page dan Sergey Brin awalnya ‘bermusuhan’

Sebagai orang-orang yang sama-sama cerdas, LP dan SB adalah dua orang yang sering berdebat satu sama lain, bahkan untuk urusan yang sangat kecil seperti siapa yang harus menutup pintu atau siapa yan lebih dulu membaca koran. Tapi hal ini bukanlah hanya pertengkaran semata, tapi karena rasa kompetitif satu sama lain, hal ini diakhiri oleh tawa mereka bersama.

2. Pendiri Google pernah Frustasi

Setelah berturut-turut ditolak oleh investor seperti AltaVista, Excite dan Yahoo, LP dan SB frustasi. Mereka membuat PageRank Google dipenuhi rasa frustasi hingga akhirnya mereka berkembang. Hal ini tidak pernah dibayangkan oleh kedua pendiri Google ini bahwa Google dapat sebesar sekarang. Mereka hanya memikirkan untuk menyelesaikan kuliah seccepatnya sambil menjalankan Google.

Saking frustasinya, bahkan Google pun pernah tidak dilirik selama 1 minggu.

3. Larry Page dan Sergey Brin pernah membercandai Eric Schmidt ketika pertama berkantor di Google.

Eric Schmidt, anggota direksi Google pernah dikerjai oleh duo pendiri Google ini dengan dibagi-bagikan secara gratis kartu kredit perusahaan ke karyawan. Hal ini membuat Eric Schmidt pusing, dan mendapat pekerjaan baru untuk menarik kembali hal tersebut.

Bahkan ada saat dimana Eric dikerjai dengan tiba-tiba ada telepon umum, kulkas dan kursi pijat di ruang kerjanya. Jika Eric tidak punya selera humor, dia tidak akan tahan bekerja bersama dengan duo pendiri Google ini.

4. Cerita Palsu nama perusahaan Google berdasar pada Sergey Brin

Nama asli Google yang berasal dari kata Googol dikatakan bukan sumber asli Google melainkan karena kata “Go Girl!”. Sergrey Brin memperoleh ide tersebut ketika sedang menonton pertandingan olahraga cheerleader yang meneriakkan Go Girl! Go Girl (GoGel).

5. Larry Page ingin membuat Alat Trasporatasi otomatis, Sergey Brin membuat koloni di Mars.

Di kemudian hari, kedua ide ini berusaha diwujudkan di mana ide Larry Page  dimulai dengan proyek mobil listrik sedangkan Sergey Brin dimulai dengan Proyek Virgle.

6. Tanda ~ lebih kuat dari tanda * jarang dipakai

Ada baiknya Anda ketahui bahwa jika lambang ” ~ ” diketikkan di depan kata tertentu pada mesin pencari Google, berarti kita menginginkan Google untuk mencari semua data terkait kata kunci yang kita masukkan beserta dengan sinonimnya.

Contoh ~motor, maka semua halaman yang mengandung kata motor dan sinonimnya, seperti motor show, sepeda motor akan ditampilkan. (diolah dari berbagai sumber)

Jasa Web Alhadiy

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker