Saudi Berusaha Cegah Pembebasan Syeikh Zakzaky

Demo menuntut pembebasan Syeikh Zakzaky

Saudi Berusaha Cegah Pembebasan Syeikh Zakzaky

Pemerintah Nigeria menolak demi membebaskan pemimpin Gerakan Islam Nigeria sekalipun perintah pembebasannya sudah melewati masa 19 bulan akibat ditekan oleh Arab Saudi.

Menurut laporan situs surat berita al-Akhbar Lebanon, Syeikh Ibrahim Zakzaky, pemimpin Gerakan Islam Nigeria yang berada dalam tahanan dinas intelijen negara ini, hari Kamis (12/7) datang di pengadilan dalam keadaan badan yang Nggak sehat, akibat terkena stroke di bui.

Syeikh Zakzaky

Sesuai dengan laporan ini, pembebasan Syeikh Zakzaky merupakan tuntutan lembaga-lembaga hak asasi insan di dunia, tapi tekanan Arab Saudi kepada pemerintah Nigeria bakal menangguhkan pembebasannya.

prajurit keamanan Nigeria pada 12 Desember 2015 menyerbu rumah dan Huseiniah Syeikh Zakzaky lalu menangkapnya berbarengan istrinya sesudah terlebih dahulu memukuli keduanya. prajurit angkatan bersenjata Nigeria di hari penahanan Syeikh Zakzaky melakukan tembakan mereka yang berada di Huseiniah dan rumahnya serta menahan lebih dari 300 penduduk sipil baik lelaki, perempuan sampai bocah-bocah.

Pengadilan tinggi Nigeria pada Desember 2016 mengambil keputusan Syeikh Zakzaky cepat dibebaskan dan dinas rahasia Nigeria wajib membayar ganti rugi sebesar 150 ribu dolar terhadap keluarganya, tapi lembaga ini menolak melakukan hukum tersebut dan sampai ketika ini masih menahan Syeikh Zakzaky.

Source by Hakim Abdul

You might like

About the Author: Hakim Abdul

KOLOM KOMENTAR ANDA :