Saat Rasulullah Menangis

Ketika Rasulullah Menangis

Saat Rasulullah Menangis

Seorang pria datang terhadap Rasulullah. Ia mengadukan ayahnya yang menghabiskan uang milik pria tersebut tanpa meminta izin. Hal itu membuatnya berang.

Rasulullah lalu memanggil ayah orang itu demi menghadap. Enggak lama lalu, datanglah seorang tua. Ia berjalan dengan tertatih-tatih dan bersandar pada tongkat.

Pria itu menangis.“Ya Rasulullah,” ujarnya sambil terisak, “saat saya kuat dan anakku lemah. Tatkala saya kaya kaya dan anakku miskin, saya tak membelanjakan uangku kecuali demi memberi makan dia. Bahkan terkadang saya membiarkan diriku kelaparan asalkan dia dapat makan.”

Rasululah terdiam, begitu anak yang tadi memberitahukan polah ayahnya ini.

“Sekarang saya sudah tua dan lemah, sementara anakku tumbuh kuat. Saya sudah jatuh miskin sementara anakku sebagai kaya.”

Pria itu berhenti sejenak, menundukkan kepala dan terisak. Lalu, Rasulullah memegang tangan pria itu dan meminta kembali menuntaskan apa yang hendak ia bicarakan.

“Dahulu saya menyediakan makan utknya tp sekarang dia cuma mempersiapkan makan demi anakku. Saya begitu menyayanginya. Saya tidak pernah seperti dia memperlakukan saya. Kalau saja saya masih sekuat dulu, saya masih bakal merelakan uangku demi dia.”

Saat menguping hal ini, air mata Nabi Saw jatuh berlinang seperti untaian mutiara yang turun melalui janggutnya.

“Baiklah,” kata Rasulullah bersabda, “Habiskan seluruh uang anakmu sekehendak hatimu. Uang itu milikmu…”

Sontak, hal ini membikin Ayah dan anak itu menangis, mereka berpelukan dan saling meminta maaf. Sang anak merasa selama ini ia salah sudah berbuat tak adil terhadap ayah. Mereka berdua bersedih, apalagi membikin Rasulullah sampai menitikkan air mata. Apakah beliau teringat sosok sang ayah, seseorang yang tak pernah beliau temui sejauh hidupnya itu? Wallahu a’lam bisshowab.

Source by Ahmad Naufal

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.