Rusia Tepati Janji, Iran Cabut Gugatan ke Rusia Soal Rudal S-300

Rusia tepati janjinya akan cepat mengirimkan ke Iran sistem pertahanan udara Rudal S-300, sebab itu Iran pastikan mencabut gugatan kpd Rusia Soal sengketa jual beli rudal S-300 ….

 

 

 

Islam-Institute, MOSKOWNegara Islam Iran dipastikan akan mencabut gugatan kepada Rusia terkait dengan pembelian rudal S-300, sesudah Rusia memastikan akan cepat mengirimkan sistem pertahanan udara tersebut. Hal itu disampaikan oleh Wakil Perdana Menteri Rusia, Dmitry Rogozin.

Berawal pada tahun 2007 lalu, Moskow dan Teheran menyetujui kesepakatan untuk pengiriman lima unit rudal S-300 ke Iran dengan kontrak sebesar USD 800 juta. Tapi, pada tahun 2010, Rusia menangguhkan kontrak, sesudah adanya resolusi Dewan Keamanan PBB terkait soal embargo senjata kepada Teheran, akibat pengembangan teknologi nuklir Iran.

Iran lantas nggak terima dengan keputusan Rusia tersebut dengan mengambil langkah mengusulkan gugatan kepada Moskow di Mahkamah Internasional. Gugatan inilah yang akan dicabut Iran, sesudah kedua negara akhirnya kembali setuju soal pengiriman S-300.

“Pengiriman sistem pertahanan udara S-300 ditetapkan oleh kontrak yang ditandatangani tahun lalu. Pengiriman akan diawali sesudah pembayaran pertama diterima. Biaya telah ditransfer ke organisasi Rusia yang sesuai dan kontrak sekarang sedang dipenuhi,” kata Rogozin.

“Kami memperoleh jaminan dari Iran bahwa mereka akan cepat mencabut gugatan yang berhubungan dengan pembatalan pengiriman S-300 beberapa tahun lalu,” sambungnya, seperti dikutip Sputnik pada Senin (11/1).

Kelanjutan dari pengiriman rudal S-300 ke Iran sendiri ditetapkan oleh kesepakatan nuklir antara Iran dan enam power dunia. Dengan tercapainya kesepakatan itu, satu persatu sanksi kepada Iran dicabut, juga termasuk dicabutnya embargo senjata.  (al/esn/sn)

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.