Rusia kritik keras Tudingan Media Inggris soal Pelarian Assange

Rusia Kecam Tuduhan Media Inggris soal Pelarian Assange

Rusia kritik keras Tudingan Media Inggris soal Pelarian Assange

LONDON – Kedutaan Rusia di London Tidak mau tudingan media Inggris yang menyebut bahwa Rusia berencana untuk membantu pendiri WikiLeaks, Julian Assange, menyelamatkan diri dari Inggris.

“Contoh lain dari disinformasi dan berita palsu oleh media Inggris,” kata kedutaan Rusia dalam postingan Twitter mereka waktu mengomentari sebuah publikasi di the Guardian, yang mengakui bahwa “diplomat Rusia sudah menggelar perbincangan rahasia di London tahun lalu dengan orang-orang yang dekat dengan Julian Assange untuk menilai apakah mereka dapat membantunya menyelamatkan diri dari Inggris.”

Baca: Julian Assange Siap Jadi Saksi Perkara Sangkaan Campur Tangan Rusia di Pemilihan Umum AS

“Planning tentatif sudah didesain dimana pendiri WikiLeaks itu akan diselundupkan keluar dari kedutaan Ekuador di London dengan kendaraan diplomatik dan diangkut ke negara lain,” sedemikian bunyi laporan the Guardian, yang menambahkan bahwa menurut sumber mereka, target akhir pelarian itu ialah Rusia, di mana Assange tidak akan berhadapan dengan risiko ekstradisi” ke AS. Planning itu ditinggal sesudah dinilai berlebihan berisiko.

Pada tahun 2012, Assange mencari penjagaan di Kedutaan Besar Ekuador di London untuk menyelamatkan diri dari ekstradisi ke Swedia, yang sudah mengeluarkan surat perintah penangkapannya atas tudingan penghinaan seksual dan perkosaan. Assange menepis tudingan itu sebab bermotif politik. Ketakutan terburuknya ialah Swedia mungkin mendeportasinya ke Amerika Serikat, di mana ia akan berhadapan dengan 35 tahun bui atau hukuman mati sebab mempublikasikan dokumen-dokumen Departemen Luar Negeri. Semenjak itu Assange Ada di tempat kedutaan Ekuador di London. (ARN)


Source by Ahmad Zaini

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.