Rusia Cepat Pengumuman Rincian kecelakaan Jatuhnya Pesawat Il-20 di Suriah

Rusia Segera Rilis Rincian Insiden Jatuhnya Pesawat Il-20 di Suriah

Rusia Cepat Pengumuman Rincian kecelakaan Jatuhnya Pesawat Il-20 di Suriah

MOSKOW – Rusia cepat mempublikasikan laporan yang berisi rincian kondisi yang menyebabkan ditembak jatuhnya secara tidak sengaja pesawat pengintai Il-20 oleh pertahanan udara Suriah saat mereka tengah merespon gelombang serbuan udara Israel.

Kemenhan Rusia menjelaskan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (22/09)bahwa laporan itu, yang akan diumumkan pada hari ini, Minggu (23/09), meliputi data radar pada situasi udara Suriah waktu insiden, dan tindakan apa yang ditunaikan pesawat Israel di tempat tersebut.

“Garis waktu menit-demi-menit tragedi akan diberikan dengan penyajian data obyektif dari sistem penanganan data radar mengenai hal situasi udara di Suriah pada 17 September dan tindakan Tentara udara Israel di daerah kecelakaan itu,” sedemikian bunyi pernyataan tersebut.

Pesawat Rusia dengan 15 kru angkatan bersenjata di dalamnya di menghilang dari radar pada hari Senin saat 4 pesawat perang F-16 Israel menyerbu lembaga-lembaga negara di Provinsi Latakia Suriah, yang Adalah rumah bagi pangkalan udara Hmeimim yang dikelola Rusia.

Kemenhan Rusia menuding Israel yang bertanggung jawab atas insiden itu, menjelaskan bahwa pesawat perang rezim itu “menciptakan situasi berbahaya” sampai menyebabkan jatuhnya pesawat Rusia oleh sistem pertahanan rudal S-200 milik Suriah.

Loading...
loading...

Ia juga menulis bahwa pilot Israel sudah sengaja mempergunakan pesawat Rusia selaku tameng untuk melaksanakan serbuan udara, dimana hal itu secara efektif menempatkannya di garis bidik pertahanan udara Suriah.

Kedutaan Rusia di Tel Aviv menjelaskan bahwa tindakan Tentara udara Israel “tidak bertanggung jawab dan tidak ramah” dan memotivasi pesawat Il-20 kedalam bahaya.

Kecuali itu, Presiden Suriah Bashar al-Assad menyalahkan Tel Aviv atas kematian tragis serdadu Rusia, Menegaskan bahwa “insiden yang tidak menguntungkan” itu ialah hasil dari “arogansi dan kebejatan Israel.” (ARN)


Source by Ahmad Zaini

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

KOLOM KOMENTAR ANDA :