Rouhani Ucapkan Selamat Terhadap Erdogan dan Harapkan Peningkatan Kerjasama

Rouhani dan Erdogan

Rouhani Ucapkan Selamat Terhadap Erdogan dan Harapkan Peningkatan Kerjasama

Presiden Republik Islam Iran, Hassan Rouhani, menilai hubungan dan kerjasama Tehran dan Ankara di berbagai bidang mengalami peningkatan serta menekankan perlunya usaha para pejabat kedua negara demi lebih meningkatkan hubungan bilateral.

Hal itu disampaikan Rouhani dalam percakapan telepon dengan mitranya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, sambil menyampaikan selamat atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Turki.

 

Rouhani menambahkan, “penyelenggaraan pemilu secara spektakuler, aman dan tenang di Turki, amat membahagiakan pemerintah dan rakyat Iran.”

Erdogan di depan para pendukungnya

 

Rouhani menilai partisipasi luas warga Turki dalam pemilu tersebut memperlihatkan kewaspadaan mereka pada periode amat sensitif di wilayah dan global.

 

Dikatakannya, “Rakyat Turki dengan penyelenggaraan pemilu yang spektakuler tersebut sudah memperlihatkan terhadap dunia bahwa di sebuah negara Islam, demokrasi diwujudkan dan dilaksanakan secara terbaik.”

 

Di lain pihak, Erdogan menerangkan proses pemilu di Turki, serta menekankan usaha peningkatan hubungan dan kerjasama ekonomi, politik dan budaya antara Tehran dan Ankara.

 

Erdogan menginginkan dalam periode baru, solidaritas dan kerjasama Iran dan Turki dapat lebih ditingkatkan serta sanggup mencapai target yang sudah dicanangkan dalam kesepakatan bilateral.(MZ)

Source by Hakim Abdul

You might like

About the Author: Hakim Abdul

KOLOM KOMENTAR ANDA :