Rouhani: AS enggak Dapat Dikte Seluruh Negara Dunia

Hassan Rouhani

Rouhani: AS enggak Dapat Dikte Seluruh Negara Dunia

Presiden Iran mereaksi statemen terbaru Menteri Luar Negeri Amerika Serikat yang menyerbu Iran. Terhadap Mike Pompeo, ia menjelaskan, Amerika tak dapat mendikte Iran dan seluruh negara dunia.

IRNA memberitahukan, Presiden Iran, Hassan Rouhani, Senin (21/5/2018) malam menceritakan, seluruh negara dunia berharap independensi dan bisa jadi Amerika dapat menekan sejumlah wilayah dunia, tapi akal sehat tak bakal menerima kalau Amerika mendikte seluruh negara.

Terkait keluarnya Amerika dari kesepakatan nuklir Iran, JCPOA, Rouhani menerangkan, hari ini di Amerika berkuasa sebuah pemerintahan yang sudah membikin negara itu mundur 15 tahun menuju belakang, cuma dalam waktu semalam, dan mengulang statemen berbau permusuhan pejabat-pejabat Gedung Putih tahun 2003 dan 2004.

Terhadap Menlu Amerika, Rouhani menjelaskan, seorang yang selama bertahun-tahun bekerja di dinas intelijen Amerika, sekarang selaku menlu negara itu ingin menentukan apa yang wajib dikerjakan dan tak boleh dikerjakan Iran, hal itu sama sekali tak dapat diterima.

Mike Pompeo

Menurut Presiden Iran, statemen menlu Amerika sama dengan statemen yang dikeluarkan pejabat-pejabat Amerika sejumlah tahun sebelumnya dan rakyat Iran tak pernah mempedulikannya, sekarangpun seperti inilah, rakyat Iran bakal meneruskan jalan mereka bersama-sama.

Mike Pompeo, Senin (21/5/2018) menyebut kesepakatan nuklir Iran cacat dan menuduh Tehran melaksanakan penipuan terkait program nuklirnya.

“Amerika sekarang telah keluar dari JCPOA dan dengan kerja sama sekutu-sekutu negara ini, bakal melarang Iran menguasai Timur Tengah,” ujar Pompeo.

Menlu Amerika pun mengumumkan dukungannya atas kerusuhan terbaru di Iran dan mengklaim bakal meneruskan supporting atas gerakan-gerakan semacam itu di Iran.

Ia menambahkan, departemen keuangan Amerika bakal mengembalikan seluruh sanksi Iran dan menambahkan sanksi-sanksi baru kepada Tehran. (HS)

Rouhani: AS enggak Dapat Dikte Seluruh Negara Dunia

You might like

About the Author: Hakim Abdul

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.