Berita Yaman

Republik Islam Iran Akan Lindungi Yaman dan Palestina

Iklan

Iran akan melindungi Yaman, Bahrain dan Palestina karena tertindas

Islam-Institute.com – TEHERAN – Ayatollah Ali Khamenei, Pemimpin Tertinggi Iran, pada Sabtu (16/5/2015) menyatakan bahwa Iran akan melindungi Yaman, Bahrain dan Palestina karena tertindas.

Pernyataan Ayatollah Ali Khamenei itu sebagai sindiran telak terhadap Arab Saudi yang memimpin sekutunya menggempur kelompok Houthi di Yaman.

”Yaman, Bahrain dan Palestina tertindas, dan kami melindungi orang tertindas semampu yang kita bisa,” kata Ayatollah Ali Khamenei dalam sebuah pidato yang dilansir kantor berita IRNA.

Pidato Ayatollah Ali Khamenei muncul hampir bersamaan dengan rentetan komentar Presiden Amerika Serikat (AS) dan para pemimpin Teluk yang menggelar pertemuan di Camp David, AS. Dalam beberapa hari terakhir, Obama blak-blakan menyebut Iran sebagai negara sponsor teroris.

Tuduhan Obama itu mengacu pada dukungan Iran terhadap rezim Bashar al-Assad di Suriah, Hamas di Gaza dan Houthi di Yaman. Seperti dimaklumi dunia, AS memandang rezim Bashar al-assad, Hamas dan Houthi sebagai teroris.

Obama bahkan menegaskan komitmen AS untuk melindungi sekutu-sekutu Teluknya dari ancaman Iran. Yang terbaru, AS telah menenangkan sekutu-sekutu Teluknya dengan menjamin bahwa Iran tidak akan bisa memproleh atau membuat bom nuklir.

Sebelum ini, Iran dan Saudi terlibat ketegangan setelah Iran memprotes keras agresi militer koalisi pimpinan Arab Saudi terhadap wilayah Yaman dengan alasan memerangi kelompok Houthi.

Ketegangan ini telah menimbulkan kekhawatiran untuk pengiriman minyak melalui rute utama di kawasan Teluk. ”Keamanan di Teluk Persia adalah untuk kepentingan semua orang. Jika tidak aman, maka tidak akan aman untuk semuanya,” kata Ayatollah Ali Khamenei. (al/m/mas)

IklanJasa Web Alhadiy
Tags

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker