Jasa Web Alhadiy
Ulama Aswaja

Rahasia Gus Mus Kenapa Dirinya Tak Bersedia Jadi Rais Aam PBNU

KH Ma’ruf Amin sebagai Wakil Rais Aam, secara otomatis ditetapkan sebagai Rais Aam menggantikan Gus Mus.

Gus Mus Buka Rahasia Kenapa Dirinya Tak Bersedia Dipilih Sebagai Rais Aam PBNU. Seperti diketahui lewat beberapa media, beberapa waktu lalu panitia Sidang Pleno Muktamar NU ke-33 menerima surat resmi soal tidak bersedianya KH Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus sebagai Rais Aam PBNU. Dengan demikian, KH Ma’ruf Amin sebagai Wakil Rais Aam, secara otomatis ditetapkan sebagai Rais Aam menggantikan Gus Mus.

Menurut Gus Mus, ia memiliki alasan mengapa dirinya tak bersedia menerima jabatan Rais Aam PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama). Ia pun dengan sikap tawadhu’ mengaku belum merasa pantas, kendati sudah sempat dipilih jadi Rais Aam oleh para “Ulama Sepuh” anggota AHWA pada Muktamar NU ke-33 lalu.

“Saya itu belum maqom-nya (derajat). Jadi Rais Aam itu maqom-nya tinggi sekali. Saya masih rendah sekali,” ujar Gus Mus di Depok, Sabtu (15/8).

Gus Mus sebut suasana kebatinan di internal PBNU biasa saja

Ditambahkan olehnya, bahwa menurutnya masih banyak nama yang lebih layak dibanding dirinya.

“Ada banyak yang layak, mereka semua lebih pantas dari saya,” ujarnya merendah.

Terkait dengan kondisi NU saat ini, Gus Mus menyebut sekarang adalah iklim suasana kebatinan di dalam internal PBNU biasa saja. Ia menilai ‘ramainya’ Muktamar NU beberapa waktu lalu bagian dari sebuah dinamika. Bahwa NU adalah organisasi Islam yang dinamis karena anggotanya banyak dan terdiri dari bebagai kalangan dengan karakter yang komplek.

“Biasa, NU itu banyak sekali ya, 80 juta (nahdliyin). Macam-macam, ada yang kiai, santri, pejabat, macam-macam tumplek. Kalau ramai itu biasa, enggak ada muktamar NU enggak ramai, orangnya banyak kan,” kata Gus Mus.

Jasa Web Alhadiy
Tags

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker