Putri Eks Agen Ganda Rusia Bicara soal Serbuan Racun Novichok

Putri Eks Agen Ganda Rusia Bicara soal Serbuan Racun Novichok


loading…

LONDON – Yulia Skripal, 33, putri eks agen ganda Rusia Sergei Skripal, 66, sudah berbicara secara terbuka demi pertama kalinya semenjak dia dan ayahnya diserang racun saraf Novichok di Salisbury, Inggris. Dia menjelaskan, usaha tindakan mematikan itu sudah membikin hidupnya sepertikan terbalik.Yulia dalam sebuah pengumuman terbuka pada hari Rabu merasa bersyukur bahwa dia dan ayahnya masih mampu selamat.”Amat beruntung sebab selamat dari percobaan tindakan mematikan ini,” katanya.

Dia menjelaskan, pemulihan berjalan dan amat menyakitkan.

Skripal dan Yulia ditemukan enggak sadarkan diri di bangku umum di Kota Salisbury, Inggris, pada 4 Maret 2018. Mereka dinyatakan terkena agen saraf Novichok, dan Yulia mengalami koma selama 20 hari.

Wanita muda itu keluar dari RS setempat bulan lalu. Sedangkan ayahnya menyusul keluar dari RS pada pekan lalu.

Keduanya sudah dibawa menuju tempat yang dirahasiakan untuk penjagaan mereka.

“Aku terbangun dengan kabar bahwa kami berdua diracuni,” kata Yulia dalam pernyataannya terhadap Reuters, yang dilansir Kamis (24/5/2018).

“Fakta bahwa agen saraf dipakai demi melaksanakan hal ini mengejutkan,” ujar Yulia. “Hidupku sudah terbalik,” lanjut dia.

Loading...
loading...

Inggris menyalahkan Rusia atas serbuan racun saraf kelas angkatan bersenjata itu. Tetapi, tudingan tersebut disanggah keras oleh Moskow.

kejadian itu memicu krisis diplomatik antara Rusia dan Barat, masuk didalamnya pengusiran ratusan diplomat dari kedua belah pihak.

Duta besar Rusia demi Inggris sudah menuduh pemerintah Inggris secara efektif menculik Skripal dan putrinya dan menabrak hukum internasional dengan Nggak memberi Rusia akses konsuler terhadap mereka.

Yulia menjelaskan bahwa dia bersyukur atas tawaran sokongan dari kedutaan Rusia. Tetapi, dia ingin mempergunakan pelayanan tersebut.

“Pun, aku ingin mengatakan dengan tegas kembali apa yang aku katakan dalam pengumuman terbuka aku sebelumnya bahwa Nggak ada yang berbicara demi aku atau demi ayah aku, tetapi ini diri kami sendiri,” katanya.

Putri Eks Agen Ganda Rusia Bicara soal Serbuan Racun Novichok

Loading...

[Surce]

loading...

You might like

About the Author: Muhammad Najib

KOLOM KOMENTAR ANDA :