Putra Mahkota Saudi dan UEA Ancam Trump Kalau Ungkap Rincian Tindakan mematikan Khashoggi

Putra Mahkota Saudi dan UEA Ancam Trump Jika Ungkap Rincian Pembunuhan Khashoggi

Putra Mahkota Saudi dan UEA Ancam Trump Kalau Ungkap Rincian Tindakan mematikan Khashoggi


Putra Mahkota Saudi dan UEA

RIYADH – Arab Saudi dan UEA sudah mengancam akan mengungkapkan rincian kontrak Presiden AS Donald Trump dan transaksi keuangan dengan ke-2 negara, kalau ia mengambil tindakan kepada Famili Bin Salman yang berkuasa dalam Perkara Khashoggi, sebuah surat berita Arab terkemuka memberitahukan pada hari Sabtu (24/11/2018).

Khaleej Online mengutip seorang pangeran senior Saudi yang menjelaskan bahwa Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman sudah mengancam Trump, bahwa kalau Trump membantu kudeta kepada dirinya sesudah skandal tindakan mematikan jurnalis Saudi terkemuka Jamal Khashoggi, maka dia akan mengumumkan dokumen dan rincian Komitmen yang akan menyulitkan Trump dan pemerintahannya, seperti dikutip FNA (24/11).

Baca: CIA Milik Rekaman Putra Mahkota Saudi Perintahkan Tindakan mematikan Khashoggi

Menurut sumber itu, ancaman serupa juga sudah diusulkan oleh Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed yang sudah mengumumkan semenjak Perkara Khashoggi mencuat, bahwa ia akan berdiri di samping bin Salman.

Sumber itu menambahkan bahwa bin Salman juga mengancam Trump bahwa ia akan membatalkan Komitmen senjata antara ke-2 negara dan akan menarik investasi keuangan yang bernilai puluhan miliar dolar di AS.

Laporan itu sejalan dengan sikap Trump yang mulai mengendur, dengan menjelaskan CIA tidak menyimpulkan bahwa bin Salman memerintahkan tindakan mematikan Khashoggi.

Baca: Editor Khashoggi Desak Kongres Selidiki Hubungan ‘Busuk’ Trump dan Saudi

Khashoggi terbunuh pada tanggal 2 Oktober di konsulat Saudi di Istanbul.

Para pejabat AS menjelaskan bahwa operasi semacam itu akan memerlukan persetujuan pangeran. Tapi Arab Saudi mengumumkan itu ialah “operasi jahat”.

Baca: Turki Akan Pernyataan Rekaman Tindakan mematikan Khashoggi, Kerajaan Saudi Terancam

“Mereka tidak menyimpulkan,” kata Trump tatkala ditanya mengenai hal evaluasi yang diadukan CIA oleh awak media di Florida.

Putra Mahkota Abu Dhabi, Mohammed bin Zayed, dalam tweet-nya menjelaskan UEA “akan senantiasa jadi rumah yang full kasih dan menyokong bagi saudara-saudara kita di Arab Saudi”. (ARN)


Arrahmah News
shared by Muhammad Najib

You might like

About the Author: Muhammad Najib

KOLOM KOMENTAR ANDA :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.