Putin Ungkap Isi Percakapan dengan Trump di KTT G20

Putin Ungkap Isi Percakapan dengan Trump di KTT G20

Putin Ungkap Isi Percakapan dengan Trump di KTT G20


Foto Putin

BUENOS AIRES – Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkap isi percakapan informal singkatnya dengan Presiden AS Trump pada jamuan makan malam budaya di Buenos Aires untuk para pemimpin KTT G20, sebuah acara yang ditutup untuk pers.

“Singkatnya, saya menjawab pertanyaan-pertanyaannya mengenai hal insiden ini di Laut Hitam,” kata Putin, berbicara untuk awak media pada konferensi pers pasca-KTT-nya. “Dia mempunyai posisinya sendiri, saya mempunyai posisi saya sendiri; kami masing-masing berpegang pada pandangan kami sendiri, tetapi dalam hal apapun saya memberitahunya mengenai hal perspektif kami mengenai hal insiden ini,” tambahnya sebagaimana dilansir Sputnik, Minggu (02/12).

Baca: Trump-Putin Berjumpa di KTT G20

sebelum ini, Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders menekankan bahwa Putin dan Trump sungguh  berbicara waktu makan malam, tetapi tidak memberikan rincian lebih detail.

Trump membatalkan perjumpaan yang diplaningkan dengan Putin pada menit terakhir. Di twitter, Trump berkicau mengenai hal pembatalan itu tidak sampai 1 jam sesudah menjelaskan bahwa pembahasan itu masih akan berlangsung, dan menambahkan bahwa pembatalan itu terkait dengan fakta bahwa Rusia belum mengembalikan kapal dan pelaut Ukraina yang ditahan sesudah insiden Selat Kerch.

Baca: Di KTT G20, Putin-Macron Berjumpa Membahas Situasi Suriah-Ukraina

Putin mengumumkan kekecewaannya dengan keputusan Trump. “Sayang sekali kami tidak mampu menggelar perjumpaan full, sebab saya percaya itu telah lama terlambat. Saya ingin berbicara mengenai hal isu-isu stabilitas strategis mengingat pengumuman presiden bahwa dia berencana untuk menarik AS keluar dari Perjanjian INF”, kata Putin.

Putin Menegaskan bahwa ia tetap siap untuk berjumpa dengan Trump “waktu pihak AS siap untuk ini”, menambahkan bahwa ia tidak percaya presiden AS membatalkan perjumpaan G20 sebab kekuatiran bahwa ia berhadapan dengan prospek serbuan baru dari lawan-lawan Demokratnya atas Tudingan hubungan dengan Rusia. “Saya tidak berpikir bahwa Presiden Trump takut pada sesuatu. Dia orang yang terlalu berpengalaman, orang dewasa, jadi ini tentu tidak benar”, kata Putin.

Baca: Putin Tuntut Hukum Pemberontak yang Otaki Serbuan Kimia

Sehari sebelum KTT, pengacara Trump Michael Cohen mengklaim berbohong untuk Kongres mengenai hal Sangkaan hubungan bisnis Trump di Rusia selama pemilihan presiden 2016, memicu tudingan baru dalam cerita Russiagate; Presiden dituduh ‘berkolusi’ dengan Rusia selama kampanye kepresidenannya. (ARN)


Arrahmah News
Shared by Ahmad Zaini

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

KOLOM KOMENTAR ANDA :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.