Puluhan Anggota serdadu Spesial Turki Ditangkap Rezim Erdogan

ANKARA – Puluhan Anggota pasukan khusus Turki diadukan ditangkap pada hari Sabtu kemarin. Penangkapan ini ialah perkembangan terbaru dalam operasi penumpasan oleh rezim Erdogan menyusul kudeta angkatan bersenjata Turki yang gagal pada bulan lalu. Dalam kejadian kudeta yang dinilai pengamat selaku kudeta rekayasa Erdogan itu sudah mematikan lebih dari 270 orang, baik dari angkatan bersenjata maupun masyarakat sipil.

Seperti dilansir Washington Post dari kantor berita Anadolu, Minggu (7/8/2016), hampir 90 anggota pasukan spesial Turki ditangkap sesudah ditandai oleh sebuah komisi yang dibentuk oleh Komando serdadu Spesial yang dibentuk pasca usaha kudeta 15 Juli 2016 lalu.

 

 

Turki meluncurkan operasi pembersihan dengan target pengikut ulama Sunni yang berbasis di Amerika Serikat (AS) Fethullah Gulen, yang dituding Ankara mendalangi usaha kudeta. Puluhan ribu personil angkatan bersenjata, Anggota pasukan spesial Turki, angota kepolisian, dan seluruh pegawai bagian publik sudah diberhentikan, ditahan, atau ditangkap semenjak pasukan yang setia ke Presiden Recep Tayyep Erdogan sukses memadamkan pemberontakan.

Berita terakhir kemarin, ada hampir 100 Anggota pasukan khusus Turki ditangkap rezim Erdogan.Turki juga sudah mereformasi struktur keamanannya, dimana angkatan bersenjata berada di bawah otoritas sipil dalam serangkaian keputusan pemerintah menyusul deklarasi kondisi darurat.

sebelum ini Sabtu, Perdana Menteri Binali Yildirim jadi tuan rumah perjumpaan puncak keamanan tingkat tinggi pemerintah dan pejabat angkatan bersenjata di Ankara. Mereka yang datang termasuk menteri luar negeri, keadilan, dalam negeri dan pertahanan, kepala staf umum dan kepala badan intelijen nasional Turki dan polisi nasional. Nggak ada keputusan yang dirilis sesudah perjumpaan.

Kudeta angkatan bersenjata Turki yang gagal mengakibatkan kesengsaraan bagi puluhan ribu orang yang dinilai ada kaitannya dengan Ulama Fethullah Gulen, termasuk ditangkapnya hampir 100 Anggota pasukan spesial Turki.

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :