Jasa Web Alhadiy
Uncategorized

Program Sejuta Rumah Murah Dapat Dukungan 30 % Iuran Pensiun

DP Kepemilikan Rumah Murah Bersubsidi Hanya 1% dari Total Nilai Rumah

Islam-institute.com, JAKARTA — Sejumlah 30% dana dari total dana kelolaan iuran program jaminan pensiun akan dialokasikan untuk mendukung pembiayaan mewujudkan program sejuta rumah murah.

Pemerintah akan segera menerbitkan peraturannya, berupa KEPPRES (keputusan presiden) untuk melegitimasi penentuan alokasi dana kelolaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tersebut.

“Portofolionya kami usulkan agar 30%-nya dipakai untuk perumahan buruh di Kemayoran dan di seluruh Indonesia,” ujar Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofyan Wanandi di Kantor Wakil Presiden, Selasa(30/6/2015).

Sofyan Wanandi menambahkan dana akan disimpan melalui PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk sebagai pengelola pembiayaan perumahan. Kemudian dana tersebut akan disalurkan kepada buruh pembeli rumah murah.

“Sekarang sedang disiapkan Keppres-nya karena sudah diputuskan dalam rapat bersama dimana semua pihak hadir,” tutur Sofyan Wanandi.

Selanjutnya, 70% sisa dana kelolaan hasil iuran pensiun akan diinvestasikan melalui portofolio obligasi, deposito dan portofolio jangka panjang lain.

Sebelumnya, pemerintah menyepakati penurunan DP kepemilikan rumah murah bersubsidi melalui skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dari semula 5% menjadi hanya 1% terhadap total nilai rumah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan program FLPP belum menjangkau seluruh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), karena total uang yang harus dikeluarkan pada awal pengajuan mendapat rumah bersubsidi masih dianggap terlalu tinggi.

Jasa Web Alhadiy
Tags

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker