Presiden Erdogan Sambut Gembira Serbuan AS ke Suriah

Presiden Erdogan Sambut Gembira Serbuan AS ke Suriah

Presiden Erdogan Sambut Gembira Serbuan AS dan Sekutunya menuju Suriah

Sebagai pemimpin negara tetangga Suriah, anehnya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan malah menyambut gembira serbuan AS dan sekutunya. Serangan itu dilaporkan menuju fasilitas kimia Suriah yang diduga dipunyai Damaskus. Menurut dia serbuan itu selaku peringatan kepada rezim Bashar al-Assad. Serbuan ini makin menambah panjang pertempuran sipil Suriah.

Pada Sabtu, AS dan sekutunya, Inggris dan Prancis, melaksanakan gelombang serbuan menuju pemerintah Assad. Serbuan itu dilaksanakan seusai seminggu sebelumnya Suriah dituduh melaksanakan serbuan fuel mematikan di daerah pinggiran Damaskus yang dikuasai pemberontak Douma.

“Dengan operasi gabungan oleh AS, Inggris dan Perancis pada hari Sabtu, rezim Suriah memperoleh peringatan bahwa pembantaian itu tak bakal dibiarkan seperti itu saja,” kata Erdogan kepada para pendukungnya dalam sebuah perjumpaan pada Sabtu di Istanbul. Seperti ini dikutip TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) dari Aljazeera.

Presiden Erdogan Sambut Gembira Serbuan AS ke Suriah

Loading...
loading...

Erdogan pun menjelaskan bahwa warga Suriah yang tak bersalah semestinya dibela semenjak lama. “Aku memanggil ummat Islam seluruh jagat di sini. Mari kita bahas masa depan seluruh, kita hapus kategori senjata pemusnah masal, termasuk senjata kimia,’’ ucap Erdogan.

“Mari kita gunakan seluruh sumber daya untuk insaniyah daripada mempergunakan sumber biaya untuk proyek persenjataan nuklir dan konvensional,” tambahnya.

Erdogan mengungkapkan, ia sudah membicarakan serbuan yang dipimpin AS itu dan situasi di Suriah dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pembahasan dilaksanakan Erdogan dengan kedua kepala negara lewat saluran telepon secara terpisah. Sementara, Kementerian Luar Negeri Turki pun menyambut baik serbuan AS itu.

Loading...

Dipimpin AS, Sabtu kemarin ratusan misil Tomahawk menyerbu sejumlah fasilitas kimia Suriah yang diduga dipunyai Damaskus. Menurut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan serbuan AS dan sekutunya menuju serbuan itu selaku peringatan kepada rezim Bashar al-Assad. Serbuan ini makin menambah panjang tempur sipil Suriah.

loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :