Prancis Waswas Sikap Keras AS kepada Iran Pantik Tempur

Prancis Waswas Sikap Keras AS kepada Iran Pantik Tempur


loading…

PARIS – Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian, mengingatkan bahwa sikap keras Amerika Serikat (AS) kepada Iran sudah memicu “ketegangan serius” dan berisiko memicu tempur di wilayah Timur Tengah.”Kami berada dalam situasi ketidakstabilan besar. Seluruhnya persyaratan dipenuhi demi sebuah peperangan,” kata Le Drian semirip dilansir dari Xinhua, Kamis (24/5/2018).

Diplomat Prancis itu memberi tahu bahwa postur Washington berisiko membahayakan wilayah Timur Tengah lebih tidak sedikit.

Awal pekan ini, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengancam bakal menerapkan sanksi terkuat dalam sejarah kepada Iran kalau menolak demi mengekang program rudal balistik dan pengaruh regionalnya.

Baca: AS Ancam Jatuhkan Sanksi Terbesar Dalam Sejarah pada Iran

Tetapi Le Drian menjelaskan: “Kami bukan setuju dengan metode ini asbab koleksi sanksi ini, yang bakal dibentuk kepada Iran, bukan bakal memungkinkan dialog dan, sebaliknya, itu bakal memperkuat kaum konservatif dan melemahkan Presiden (Hassan) Rouhani.”

“Sanksi ini bukan bisa diterima. Kami bukan mampu membiarkan mereka sebagai sah,” tambahnya.

Le Drian menjelaskan kesepakatan nuklir Iran ialah aset yang wajib dipertahankan.

Loading...
loading...

Kesepakatan nuklir Iran, yang secara resmi disebut Rencana Aksi Bersama-sama Komprehensif, ditandatangani pada Juli 2015 oleh Iran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa: Inggris, Cina, Prancis, Rusia dan Amerika Serikat plus Uni Eropa (UE) dan Jerman.

menurut kesepakatan itu, Iran setuju demi membekukan program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sebagian besar sanksi internasional.

Presiden AS Donald Trump mengambil keputusan demi mundur dari perjanjian yang diserang di bawah pemerintahan pendahulunya Barack Obama. Trump beralasan perjanjian itu bukan membicarakan program rudal balistik Iran, aktifitas nuklirnya di luar 2025 atau perannya dalam konflik di Yaman dan Suriah.

Menurut Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di Wina, bagaimanapun, Iran sejauh ini sudah memenuhi seluruhnya keadaan yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan tersebut.

(ian)

Prancis Waswas Sikap Keras AS kepada Iran Pantik Tempur

Loading...

[Surce]

loading...

You might like

About the Author: Muhammad Najib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *