Prancis Rengkuh Piala Dunia, Ada Andil Pemain Muslim

Prancis Rengkuh Piala Dunia, Ada Andil Pemain Muslim

JAKARTA- Ada andil pemain beragama islam dalam kesuksesan tim ayam jago Prancis merengkuh trofi piala dunia 2018 di Rusia, Minggu (15/7). Walaupun Prancis negara sekuler yang membatasi pemakaian jilbab, burqoh dan identitas muslimah disisi lain memberikan kebebasan beragama sesuai keyakinan.

Dari 23 pemain yang dibawa pelatih Didier Deschamp ada banyak yang beragama islam. Bahkan sebagai pemain kunci kemenangan Prancis atas tim kuda hitam, Kroasia dengan skor 4-2. Disinilah bukti sepakbola merupakan media universal yang menyatukan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

Ketua Umum PBNU Prof.Dr.KH. Said Aqil Siroj mengamini hal tersebut. Menurut dia sepakbola merupakan integrasi dari berbagai elemen.

“Masing-masing punya keahlian, tapi Nggak mendahulukan egonya, yang wajib diutamakan ialah kesebelasannya. Kita hidup juga begitu. Problem agama itu, Nggak menentukan menang atau kalah. Kemenangan merupakan hasil kerja keras, profesional, ketekunan,” tutur Kyai Said ketika menggelar nonton bareng di Gedung PBNU, Minggu (15/7) malam.

Berikut daftar pemain muslim di tim Prancis;

Paul Pogba
Bakda peluit akhir ditiup sontak ia melaksanakan sujud syukur atas kemenangan yang didapatkan. Ndak sampai disitu, Pogba dalam live media sosialnya instagram (IG) mengucapkan God is Great.

Gelandang Manchester United ini dikenal selaku seorang Muslim yang patuh. Ia berapa kali berkunjung ke Makkah demi menjalani ibadah umroh. Bahkan, sebelum gelaran Piala Dunia, Paul Pogba menyempatkan diri mengunjungi rumah Allah, setelah menunaikan musim Liga Primer Inggris.

Adil Rami
Pemain hubungan nasab Maroko ini memilih berganti kewarganegaraan Prancis, tempatnya tumbuh besar dan berkembang selaku pemain sepakbola. Adil Rami pernah membela klub Marseille, Valencia, AC Milan, dan ketika ini berkarier di Sevilla, Spanyol.

Adil sukses merengkuh gelar ganda selaku juara Liga Prancis dan Coupe de France pada 2010-2011 berbarengan Marseille.

Benjamin Mendy

lelaki berdarah Senegal ini sebagai bagian pesepakbola yang populer di media sosial Twitter.
Mendy tidak segan membalas kicauan dari penggemarnya, bahkan terlibat banter atau olok-olok dengan fans dari klub lain. Bek kiri timnas Perancis ini pernah memenangi gelar Liga Prancis pada 2016-2017 ketika masih membela AS Monaco.

N’Golo Kante

Sama seperti Rami dan Mendy, Kante juga ialah hubungan nasab imigran dari Mali, tanah kelahirannya.
Nama gelandang bertubuh mungil ini mulai mencuat semenjak membawa klub semenjana, Leicester City, merengkuh gelar juara Liga Inggris pertama sejauh sejarah pada 2015-2016. Ia tercatat sebagai pemain yang sanggup juara dengan dua klub tak sama di musim berturutan sesudah membela Chelsea yang sebagai kampiun pada 2016-2017.

Nabil Fekir

Pesepakbola kelahiran Lyon ini mempunyai kesamaan dengan legenda Prancis, Zinedine Zidane. Fekir ialah anak dari imigran Aljazair yang dahulu pernah dijajah Prancis. Ia pernah dinobatkan selaku Pemain Muda Terbaik Liga Prancis 2014-2015.

Komentar

comments



Source by Samsul

You might like

About the Author: Samsul Anwar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.