Pompeo Tekan Perancis, Inggris dan Jerman Soal Iran di Sela-Sela KTT NATO

Pompeo Tekan Perancis, Inggris dan Jerman Soal Iran di Sela-Sela KTT NATO

BRUSSELS – Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo diadukan bakal berjumpa dengan pejabat senior Inggris, Perancis dan Jerman di sela-sela perjumpaan puncak NATO dalam usaha demi membujuk mereka berkoalisi dengan Washington dalam menekan Iran.

Pompeo tiba demi KTT di Brussels pada hari Selasa, dan bakal berjumpa dengan direktur politik 3 negara pada Rabu atau Kamis, Reuters memberitahukan, mengutip seorang pejabat senior yang tak disebutkan namanya di Departemen Luar Negeri AS.

Dia bakal berusaha meyakinkan Paris, London dan Berlin soal “pasokan minyak alternatif” dalam kasus boikot penjualan minyak Iran, menurut laporan itu.

BacaRouhani Ancam Tutup Selat Hormuz Kalau AS Hentikan Ekspor Minyak Iran.

AS sudah mengingatkan negara-negara ketiga demi tak membeli minyak mentah Iran pada 4 November di tengah peningkatan usaha Washington demi mencekik pendapatan minyak Republik Islam.

Secara terpisah, AS berusaha demi memastikan tekanan anti-Iran dari sekutu-sekutunya di pantai Teluk Persia.

Pada awal bulan, sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kabinet Saudi seusai perjumpaan yang dipimpin oleh Raja Salman, menjelaskan bahwa kerajaan bagian sekutu regional terkuat AS, bakal meningkatkan outputnya demi menebus minyak mentah Iran.

BacaAS Siap Hadapi Iran Kalau Selat Hormuz Ditutup.

Baru-baru ini, pejabat senior Departemen Luar Negeri AS menuntaskan perbincangan 3 hari soal Iran di Arab Saudi, dan “membicarakan cara-cara baru demi merampas pendapatan Iran,” Reuters mengutip seorang pejabat Departemen Luar Negeri yang menjelaskan terhadap awak media ketika bepergian berbarengan Pompeo.

“Dalam perjumpaan kami dengan menteri energi Saudi, kami membicarakan pertahanan pasar minyak yang baik demi menjaga volatilitas,” katanya, dan menambahkan, “Kami berbicara soal meminimalkan gangguan pasar dan membantu mitra menemukan alternatif demi minyak Iran.”

Sebelum ke ke Brussles, Pompeo dan dirinya sendiri, berada di Abu Dhabi, di mana ia juga berusaha menggalang sokongan lebih tidak sedikit kepada Teheran. [ARN]



Source by Ahmad Zaini

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.