Pompeo: Korut Inginkan Sokongan Ekonomi AS

Pompeo: Korut Inginkan Sokongan Ekonomi AS


loading…

WASHINGTON – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un berharap dukungan ekonomi dari Amerika Serikat (AS) dan jaminan keamanan demi denuklirisasi Semenanjung Korea. Hal itu dikatakan oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.Pompeo, yang sudah berjumpa Jong-un di Pyongyang dua kali dalam sejumlah pekan terakhir demi mempersiapkan dasar demi perjumpaan puncak dengan Presiden Donald Trump, menjelaskan terhadap Komite Urusan Luar Negeri DPR AS bahwa perbincangan bersejarah masih dijadwalkan demi 12 Juni walaupun ada laporan perbedaan antara kedua belah pihak.

“Kami optimis bahwa kami bisa mencapai hasil yang bakal baik demi dunia,” kata Pompeo bagaikan dilansir dari AFP, Kamis (24/5/2018).

Dalam perjumpaan terakhir mereka dua minggu lalu, Pompeo menjelaskan, dia dan Jong-un berbicara soal maksud bareng mereka demi perbincangan.

“Kami masih mempunyai tidak sedikit pekerjaan yang wajib dikerjakan demi menemukan kesamaan,” Terang Pompeo.

“Tetapi Jong-un sudah berbagi secara terbuka bahwa ia memahami bahwa pertumbuhan ekonomi bagi rakyatnya, kesejahteraan rakyatnya, tergantung pada pergeseran strategis,” imbuhnya.

Pompeo menjelaskan ia menerangkan terhadap Jong-un pandangan AS soal langkah apa yang perlu diambil Pyongyang, masuk didalamnya pekerjaan verifikasi, demi memperlihatkan denuklirisasi nyata.

Loading...
loading...

“Ia menerangkan bahwa penting bagi dia bahwa saat saatnya tiba, saat tujuan-tujuan itu tercapai, dia pada gilirannya bakal menerima dukungan ekonomi dari Amerika dalam bentuk pengetahuan bisnis dan pengetahuan bagian swasta,” jelas Pompeo.

Pompeo menjelaskan Jong-un pun berharap jaminan keamanan dari dunia, akhir dari status yang pas antara Korea Selatan dan Korea Utara, dengan maksud akhir perjanjian perdamaian.

Pompeo menolak demi menjawab pertanyaan anggota parlemen soal apakah Pentagon sudah menahan latihan militernya dengan Korea Selatan demi meredakan kekuatiran Kim Jong-un.

Tetapi dia menambahkan: “Ini ialah pandangan aku bahwa kami sudah membikin nol konsesi terhadap Pemimpin Kim sampai ketika ini dan kami tak mempunyai niat demi melakukannya.”

(ian)

Pompeo: Korut Inginkan Sokongan Ekonomi AS

Loading...

[Surce]

loading...

You might like

About the Author: Muhammad Najib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *