PM Kanada Siap Hentikan Penjualan Senjata Senilai 13 Milyar Dolar ke Saudi

PM Kanada Siap Hentikan Penjualan Senjata Senilai 13 Milyar Dolar ke Saudi

PM Kanada Siap Hentikan Penjualan Senjata Senilai 13 Milyar Dolar ke Saudi

KANADA – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menjelaskan bahwa Ottawa siap untuk menghentikan Komitmen senjata senilai 13 miliar dolar dengan Riyadh kalau terbukti kerajaan menyalahgunakan senjata-senjata itu.

“Kami amat menuntut dan berkeinginan bahwa ekspor Kanada dipakai dengan cara yang sepenuhnya menghormati hak asasi manusia,” kata Trudeau di Parlemen pada hari Senin (22/10).

“sebelum ini kami mempunyai izin ekspor beku saat mempunyai kekuatiran mengenai hal penyalahgunaan potensial mereka dan kami tidak akan ragu untuk memberlakukannya lagi,” tambahnya.

Kanada sudah mengekspor senjata ke Arab Saudi berdasar kontrak tahun 2014, yang bernilai sampai 13 miliar dolar. Kontrak yang dimenangkan oleh unit pembuat senjata AS Kanada, General Dynamics Corp, memungkinkan Kanada untuk memasok Saudi dengan kendaraan lapis baja ringan.

Komentar Trudeau mengenai hal penyetopan Komitmen senjata besar ini muncul di tengah intimidasi yang meningkat untuk menghukum Riyadh atas tindakan mematikan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di konsulat kerajaan di Istanbul.

Loading...
loading...

PM Kanada mengutuk kematian sang jurnalis dan menjelaskan bahwa Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland sudah berbicara dengan sekutu-sekutu Kanada untuk membicarakan langkah-langkah seterusnya.

Kembali pada hari Sabtu, Freeland sudah menulis bahwa penjelasan Saudi mengenai hal kematian Khashoggi di konsulatnya di Istanbul tidak mempunyai kredibilitas dan konsistensi.

“Ada pertanyaan yang amat penting mengenai hal semua hubungan dengan Arab Saudi yang Penting ditanyakan,” katanya untuk awak media. [ARN]


Arrahmah News
Shared by Ahmad Zaini

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *