PM Inggris Desak Trump Hormati Komitmen G7

PM Inggris Desak Trump Hormati Komitmen G7

LONDON – Inggris menekankan bahwa mereka mendesak Donald Trump demi menghormati komitmen yang dibuat di KTT G7 baru-baru ini di Kanada, walaupun Presiden kontroversial itu mendadak tak menyetujui komunike terakhir perjumpaan tersebut.

“Komunike disepakati oleh seluruhnya pihak yang menghadiri G7,” kata juru bicara resmi Theresa May pada konferensi pers Westminster, Senin (11/06).

Baca: Analis: Langkah Trump Tunjukkan G7 Ke Perpecahan

“Kami sepenuhnya berniat demi menghormatinya. Kami menginginkan bahwa AS juga bakal menghormati komitmen yang sudah mereka buat, ” tambahnya.

Lantas pada hari Senin, dalam sebuah laporan ke parlemen Inggris, May menggambarkan bahwa KTT itu berlangsung cukup “sulit”, menambahkan bahwa ada banyak “dialog yang amat blak-blakan” antara para peserta, meliputi Inggris, Jepang, Kanada, AS, Italia, Jerman dan Perancis.

Sementara May menekankan bahwa Inggris bermaksud demi mengejar langkah-langkah pembalasan kepada keputusan administrasi Trump, dia mengingatkan kepada “eskalasi tit-for-tat” dengan AS.

Baca: Merkel: Twit Trump soal KTT G7 Meyedihkan

Trump sudah meminta perwakilan Amerika di KTT G7 demi tak menyokong komunike berbarengan yang dikeluarkan oleh kepala Kubu Tujuh negara industri itu menyusul apa yang dia tuduhkan selaku “pengumuman terbuka palsu” yang dibuat oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. (ARN)

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

KOLOM KOMENTAR ANDA :